Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Efek Samping Minum Teh di Sore Hari, Picu Gelisah dan Sakit Kepala

Kompas.com - 17/09/2023, 15:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menyeruput teh di pagi hari menjadi salah satu rutinitas sebagian orang untuk memulai hari mereka.

Teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, termasuk mengurangi peradangan, menenangkan, serta menurunkan risiko penyakit.

Karena manfaatnya itu, beberapa orang justu menjadi kecanduan teh dan bahkan selalu meminumnya setiap saat, baik itu di pagi, sore, bahkan malam hari menjelang tidur.

Namun, tahukah Anda bahwa minum teh di sore menjelang malam hari tidak disarankan karena bisa memberikan efek yang buruk bagi tubuh?

Baca juga: Bisa untuk Menurunkan Berat Badan, Kapan Waktu Terbaik Minum Teh?


Efek samping minum teh di sore hari

Berikut ini beberapa efek samping minum teh di sore hari:

1. Mengalami gangguan tidur

Dilansir dari Zeenews (27/5/2023), teh secara alami mengandung kafein, di mana asupan kafein yang berlebihan dapat mengganggu siklus tidur Anda.

Jika Anda juga menderita gangguan tidur atau insomnia, minum teh di sore menjelang malam sebelum tidur bukanlah ide yang baik.

Kehadiran kafein dalam teh dapat berdampak buruk pada siklus tidur Anda. Kafein mengganggu hormon melatonin sehingga memengaruhi pola tidur.

Melatonin adalah hormon yang memberi sinyal pada otak Anda bahwa sudah waktunya tidur.

2. Meningkatnya kecemasan dan kegelisahan

Kafein merupakan komponen organik dari daun teh. Sehingga overdosis kafein, baik yang berasal dari teh atau sumber lain (kopi, cokelat, minuman bersoda), dapat memperburuk perasaan tegang, cemas, dan gelisah.

Cara terbaik untuk mengatasi gejala tersebut adalah dengan mengurangi asupan teh dan mengganti teh biasa dengan varian teh kesehatan seperti kamomil, teh putih, atau teh hijau.

Baca juga: Teh Celup Vs Teh Tubruk, Lebih Sehat Mana?

Minum teh di sore hari bisa mengganggu kualitas tidur dan memicu gelisah.SHUTTERSTOCK Minum teh di sore hari bisa mengganggu kualitas tidur dan memicu gelisah.

3. Sakit kepala

Sakit kepala dapat menyerang seseorang sewaktu-waktu, baik itu di pagi, siang, atau pun sore hari.

Ketika merasakan sakit kepala, terkadang beberapa orang akan mencari secangkir teh dengan harapan dapat meredakan sakit kepala tersebut.

Kendati demikian, perlu diketahui bahwa kebiasaan minum teh juga dapat menyebabkan sakit kepala dan perasaan tak nyaman, terlebih bila dikonsumsi dalam dosis besar dan mendekati waktu tidur.

4. Pusing

Dikutip dari Healthline, meskipun pusing adalah efek samping yang jarang terjadi, namun hal ini bisa jadi disebabkan oleh terlalu banyak minum kafein dari teh.

Halaman:

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com