Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

4 Permainan Pemanggil Arwah di Seluruh Dunia

Kompas.com - 06/09/2023, 23:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Memanggil arwah adalah aktivitas yang mengerikan dan memiliki risiko tinggi. Akan tetapi, rasa penasaran manusia terkadang menghalangi perasaan tersebut.

Begitu pula yang dilakukan oleh tokoh Rita dalam siniar Tinggal Nama episode “KADAVER SERIES Ep. 7 - Ritual Terakhir” dengan tautan bit.ly/TNKadaverE7. Ia bertekad untuk mengetahui masa lalu ibunya dengan memanggil arwahnya kembali lewat ritual kuno.

Ternyata, di seluruh dunia ada banyak ritual pemanggilan arwah yang dapat dilakukan oleh orang awam.

Ouija

Ouija merupakan salah satu ritual pemanggilan arwah yang sangat populer. Bahkan, permainan ini sering diselipkan ke dalam film atau cerita fiksi.

Ouija sendiri adalah papan datar yang berisi huruf alfabet Latin (A sampai Z), angka 0–9, kata "ya","tidak", “selamat tinggal”, “halo”, disertai berbagai simbol dan gambar.

Untuk menggerakkannya, terdapat planchette (sepotong kayu atau plastik berbentuk hati) untuk mengeja pesan selama pemanggilan arwah.

Baca juga: 4 Pembunuh Berantai dengan Masa Kecil Kelam

Sejak kemunculannya pada 1890, popularitas Ouija meningkat setelah Perang Dunia I melalui liputan surat kabar tentang Pearl Curran, seorang ibu rumah tangga St. Louis yang menggunakan Ouija untuk berbicara dengan roh seorang wanita abad ke-17 bernama Patience Worth.

Hitori Kakurenbo

Ritual pemanggilan arwah kali ini berasal dari Negeri Sakura, Jepang. Hitori kakurenbo secara harfiah berarti “Petak Umpet Seorang Diri”, yaitu satu orang bermain petak umpet bersama roh yang berada dalam boneka sebagai mediumnya.

Sebelum mulai bermain, kita harus mempersiapkan boneka (dengan tangan dan kaki), beras, benang jahit berwarna merah, pisau, segelas air asin, kuku, dan TV. Selain itu, kita juga tak boleh melakukannya lebih dari dua jam.

Meski petak umpet adalah permainan anak-anak yang menyenangkan, hitori kakurenbo justru kebalikannya. Banyak orang yang mengatakan permainan ini sangat berbahaya dan menyeramkan karena adanya perbedaan karakter dari setiap roh yang masuk.

Itu sebabnya, dibutuhkan keberanian yang besar untuk melakukan permainan ini sendirian di tengah malam.

Jailangkung

Jailangkung adalah ritual pemanggilan arwah yang sangat populer di Indonesia. Medium yang digunakan untuk pemanggilan arwah adalah kayu yang dibentuk tanda (+) untuk membentuk badan dengan kepala yang berasal dari batok kelapa.

Ada banyak sebutan dan versi jailangkung, misalnya Lukah Gilo di Minangkabau dan Ninik Thowok di Jawa. Meskipun penyebutannya berbeda, cara bermainnya sama. Biasanya jailangkung dimainkan oleh tiga orang dengan memegang boneka tersebut.

Baca juga: Menguak Misteri 3 Kota Gaib di Indonesia

Kemudian, satu orang melakukan mantra pemanggil. Nantinya, mereka akan menanyakan berbagai macam hal dan jailangkung akan menjawabnya dengan menggerakan tubuhnya.

Charlie Charlie

Charlie Charlie adalah permainan memanggil arwah seperti ouija namun jawabannya hanya terbatas pada ya dan tidak. Medium untuk melakukannya pun sangat mudah ditemukan, yaitu dua buah pensil dan selembar kertas yang telah ditulis dua kata “ya” dan “tidak”.

Simak ritual pemanggilan arwah secara yang dilakukan Rita secara lengkap dalam “KADAVER SERIES Ep. 7 - Ritual Terakhir” dengan tautan bit.ly/TNKadaverE7 di Noice!

Dengarkan juga kisah-kisah lainnya yang tak kalah mencekam melalui playlist YouTube Medio by KG Media. Kini, Tinggal Nama juga telah tersedia di Noice dengan tautan dik.si/NoiceTN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com