Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Nassim Road, Jalan Termahal di Singapura, Ada Apa Saja?

Kompas.com - 30/08/2023, 15:30 WIB
Diva Lufiana Putri,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Nassim Road, sebuah kawasan elite yang penuh dengan puluhan hunian mewah mendapat julukan sebagai jalan termahal di Singapura.

Jauh dari hiruk pikuk perkotaan, Nassim Road menawarkan panorama serta suasana tenang dan asri, sehingga cocok dijadikan tempat peristirahatan.

Dilansir dari Channel Asia News, nama Nassim berasal dari rumah keluarga Yahudi kaya raya bernama Nassim Lodge yang dibangun pada 1850-an.

Sebelum bertransportasi menjadi kawasan elite, Nassim Road merupakan salah satu daerah berhutan yang rimbun di Singapura.

Hingga pada masa pemerintahan kolonial Inggris, properti mewah mulai dibangun di kawasan ini, termasuk rumah besar dengan dinding cat putih dan detail kayu bernoda hitam.

Pembangunan hunian mewah bertujuan untuk memenuhi kebutuhan para pejabat. Namun, di tahun-tahun berikutnya, sejumlah rumah tersebut berpindah tangan kepada para pedagang lokal kaya.

Baca juga: Kasus Saridewi Djamani, Wanita Pertama dalam 20 Tahun yang Akan Dihukum Mati Singapura


Nassim Road penuh dengan hunian mewah dan asri

Di Negeri Singa, kepemilikan properti atau tanah dan bangunan dianggap sebagai kemewahan tertinggi. Pasalnya, 80 persen penduduk tinggal di flat maupun rumah susun umum.

Bangunan di Nassim Road pun dianggap sebagai tingkat ultra-prima, yang hanya menampung 62 dari 2.800 bungalo kelas atas di negara ini. Bukan hanya itu, properti mewah di kawasan ini juga hampir tidak pernah dijual.

Rumah besar tersebut tercatat memiliki luas lahan minimal 1.400 meter persegi, dengan ukuran rumah tidak lebih dari 35 persen lahan.

Meski disebut bungalo atau rumah satu lantai, penghuni juga dapat memiliki bangunan dua lantai di atas tanah.

Baca juga: Mengenal Fenomena Brain Drain yang Dikaitkan dengan Perpindahan WNI ke Singapura

Dikutip dari Business Insider, Nassim Road layaknya merek mewah yang harus mengeluarkan banyak dana untuk dapat dimiliki.

Namun, seseorang yang memiliki sebidang tanah di tempat ini dapat mewariskannya dari generasi ke generasi.

Eksklusivitas kawasan ini sendiri berasal dari lahan yang luas dan fakta bahwa jalan cukup pendek, sehingga jumlah bangunan menjadi terbatas.

Belum lagi, Nassim Road berlokasi di tengah-tengah Singapura modern, tepatnya di antara pusat perbelanjaan Orchard Road dan Singapore Botanic Gardens.

Kanan dan kiri jalan ditumbuhi berbagai pepohonan, yang membuat suasana tampak asri sekaligus membantu meredam kebisingan kota.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com