Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Budiman Sudjatmiko, Politisi PDI-P yang Nyatakan Dukung Prabowo?

Kompas.com - 19/08/2023, 14:30 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Politikus PDI-Perjuangan Budiman Sujatmiko mengatakan pihaknya lebih mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden dibandingkan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Dukungan Budiman itu ditunjukkan dengan adanya acara deklarasi relawan Prabowo-Budiman Bersatu (Prabu) pada Jumat (18/8/2023) di Marina Convention Center Kota Semarang, Jawa Tengah.

Langkah yang dilakukan Budiman ini bisa dianggap menyimpang dari keputusan PDI-P karena partai banteng sudah menunjuk Ganjar sebagai bacapres. 

Baca juga: Manuver Budiman Sudjatmiko: Berawal dari Puja-puji, Kini Deklarasi Dukungan buat Prabowo

Alasan Budiman dukung Prabowo

Mengenai alasannya lebih memilih Prabowo daripada Ganjar, Budiman Sudjatmiko menyatakan bahwa Ganjar merupakan sosok yang baik.

Akan tetapi, dia menilai, Ganjar belum cukup mampu memimpin Indonesia, sedangkan negara ini butuh pemimpin yang strategis.

“Karena situasi global membuat Indonesia butuh kepemimpinan yang strategis. Bukan berarti Ganjar jelek,” tutur Budiman, dikutip dari Kompas.com Jumat (18/8/2023).

Menurutnya, pemimpin yang strategis akan lebih mudah dalam mencari solusi untuk tantangan perekonomian, ketahanan negara, serta teknologi di masa mendatang.

Budiman mengaku siap disanksi PDI Perjuangan mengenai dukungannya pada Prabowo tersebut.

Meski demikian, Ketua DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat mengatakan hingga kini Budiman masih berstatus sebagai kader PDI-P meskipun mendukung Prabowo.

"Dia masih kader. Ya, masih kader. Dan kemarin juga ditanya, masih tetap merah. Kan gitu. Masih PDI Perjuangan," kata Djarot.

Lantas sebenarnya, siapa Budiman Sudjatmiko, kader PDI-P yang mengaku mendukung Prabowo sebagai capres?

Baca juga: Prabowo dan Budiman Sudjatmiko Deklarasi Prabu, Ganjar Pamer Burung Merah-Hijau Bersama Cak Imin

Siapa Budiman Sudjatmiko?

Budiman Sudjatmiko lahir di Cilacap, Jawa Tengah pada 10 Maret 1970.

Budiman menempuh pendidikan di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, namun kegiatannya sebagai aktivis saat itu sempat membuat studinya tak tuntas.

Budiman baru menyelesaikan pendidikan tingginya setelah ia keluar dari penjara.

Ia kemudian menempuh studi Ilmu Politik di Universitas London dan Master Hubungan International di Universitas Cambridge, Inggris.

Dikutip dari Kompas.com (20/7/2023) Budiman merupakan salah satu aktivis reformasi yang  lantang menentang Orde Baru di bawah Soeharto.

Ia merupakan pendiri Partai Rakyat Demokratik (PRD), partai yang lahir dari organisasi politik bernama Persatuan Rakyat Demokratik (PRD) kisaran tahun 1994.

Organisasi tersebut mewadahi mahasiswa, buruh, aktivis, dan petani di beberapa daerah di Indonesia yang memiliki cita-cita tentang sosialisme.

Baca juga: Wacana Duet Prabowo-Erick Thohir Diprediksi Terganjal Restu Muhaimin

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com