Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Teh yang Mungkin Berbahaya bagi Kesehatan Menurut Ahli

Kompas.com - 19/08/2023, 10:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com Teh memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, namun bukan berarti Anda dapat minum teh secara sembarang tanpa berpikir panjang.

Karena saat dikonsumsi terlalu banyak, teh bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Untuk itu, penting untuk Anda mengonsumsi teh dalam jumlah yang tepat.

Masing-masing jenis teh juga memiliki batas aman masing-masing.

Diberitakan Kompas.com, Jumat (18/8/2023), ahli diet Shruti Naidu yang berbasis di Nagpur mengungkapkan, batas konsumsi lemon tea adalah 1-2 cangkir pr hari.

Lebih dari itu, maka dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan seperti menggangu kesehatan mulut serta membuat dehidrasi.

Baca juga: 9 Manfaat Minum Teh Tanpa Gula Setiap Hari, Apa Saja?


5 teh yang mungkin berbahaya bagi kesehatan

Dilansir dari Eat This (26/2/2021), ada beberapa teh yang mungkin berbahaya bagi kesehatan, baik untuk mereka dengan kondisi kesehatan tertentu atau pun mereka yang mengonsumsinya dalam jumlah berlebih.

1. Teh comfrey

Seorang ahli gizi dan peneliti nutrisi di Marham, Hiba Batool mengatakan bahwa teh comfrey cukup populer dan dianggap memiliki khasiat penyembuhan.

Kendati demikian, teh ini mengandung alkaloid pyrrolizidine, yang dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah.

Bahkan, menurut sebuah artikel tahun 2004 yang diterbitkan di Public Health Nutrition, penulis makalah tersebut mencatat bahwa konsumsi teh herbal yang terbuat dari daun comfrey mungkin kurang tepat karena potensi teh tersebut untuk berkontribusi terhadap toksisitas hati.

2. Teh peppermint

Jika Anda minum teh peppermint secara teratur, mungkin secara tidak sengaja itu akan merusak kesehatan dari waktu ke waktu.

"Terlalu banyak (teh peppermint) dapat menyebabkan iritasi dan dalam jumlah besar dapat menjadi racun," jelas Celine Beitchman, direktur nutrisi di Institute of Culinary Education.

"Itu karena bahan aktif mint, mentol, memengaruhi (dan mengganggu) sistem pemanasan dan pendinginan biologis kita," tambahnya.

Baca juga: Berapa Batas Aman Minum Kopi dan Teh dalam Satu Hari?

3. Lemon tea

Selanjutnya, teh yang mungkin bisa berbahaya adalah lemon tea.

Para ahli mengatakan, lemon tea dapat menyebabkan konsekuensi yang tidak diinginkan bagi kesehatan mulut.

"Teh dengan tambahan rasa lemon memiliki kadar timbal yang lebih tinggi dibandingkan teh lainnya," kata Jay Cowin, ahli gizi terdaftar dan direktur formulasi di ASYSTEM.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com