Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sibuk Dharma Wanita, Guru ASN Istri Sekda Ogan Ilir Setahun Tidak Mengajar, Tetap Dapat Sertifikasi

Kompas.com - 17/07/2023, 08:30 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang guru di Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan tidak mengajar selama setahun tapi tetap dapat tunjangan sertifikasi.

Guru tersebut berstatus aparatur sipil negara (ASN) sekaligus istri Sekretaris Daerah Ogan Ilir (OI) Sumatera Selatan.

Disebutkan, guru yang mengajar di salah satu SMP di Kecamatan Indralaya itu setahun tidak mengajar karena alasan kesibukannya di organisasi Dharma Wanita.

Baca juga: Setahun Tidak Mengajar, Oknum Guru ASN Istri Sekda Ogan Ilir Sumsel Tetap Dapat Sertifikasi

Pembinaan dan pengembalian uang

Terkait temuan tersebut, Inspektur Daerah Ogan Ilir Ibnu Hardi menyebutkan, pihaknya segera memanggil ASN bersangkutan, saksi, dan mengumpulkan dokumen daftar hadir.

"Inspektorat ini jika sudah ada temuan, maka kami lakukan pembinaan dengan mengupayakan pengembalian uang yang jadi temuan," kata Ibnu Hardi, Rabu (12/7/2023) dilansir dari TribunSumsel.com.

Ibnu mengatakan, ASN istri Sekda Ogan Ilir yang diduga bolos mengajar setahun diketahui juga terlibat dalam kepengurusan Dharma Wanita di Ogan Ilir.

Pihaknya menyebutkan, mengenai tugas dan kewajiban sebagai tenaga pengajar ini akan dicocokkan dengan jadwal kegiatan Dharma Wanita.

"Kalau misalnya kegiatan belajar-mengajar dan kegiatan Dharma Wanita, kami hitung dulu berapa kali ASN melaksanakan kegiatan Dharma Wanita," ujar Ibnu.

Baca juga: Saat Gaji PNS Naik pada Tahun-tahun Politik...

Dimutasi ke sekretariat daerah

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Ogan Ilir, Wilson Effendi mengungkapkan, belum ada laporan tertulis mengenai ASN bernama Rosmalinda yang tidak mengajar selama setahun.

Tetapi pihaknya mengaku sudah melakukan mutasi terhadap ASN tersebut ke bidang sekretariat daerah.

"Sekarang, pembinaan dari kami, Ibu Rosmalinda sudah dimutasikan ke sekretariat daerah," kata Wilson saat dihubungi wartawan, Minggu (16/7/2023).

Diketahui, selain mengajar di SMPN 1 Indralaya, Rosmalinda juga masuk dalam kepengurusan Dharma Wanita Kabupaten Ogan Ilir.

"Kemudian faktor usia dan pangkat beliau juga. Tugas di sekretariat daerah tidak begitu berat dan harapannya di Dharma Wanita juga tidak terganggu," terang Wilson.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com