Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapan Libur Tahun Baru Islam 1445 H? Cek Daftar Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023

Kompas.com - 09/07/2023, 13:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 H jatuh pada Rabu (19/7/2023).

Tahun Baru Islam dirayakan salah satunya untuk memperingati perjalanan atau hijrah Nabi Muhammad SAW bersama para pengikutnya dari Mekkah ke Madinah pada 622 M.

Hijrah Nabi Muhammad ke Madinah tentu bukanlah sebuah kebetulan. Selain perintah dari Allah dan keutamaan Madinah, perjalanan hijrah Nabi didasari oleh adanya perlawanan besar dari kaum kafir Quraisy.

Baca juga: Mengapa Tahun Kelahiran Nabi Muhammad Disebut Tahun Gajah?

Kaum kafir Quraisy adalah kabilah penyembah berhala keturunan Ibrahim dari Bangsa Arab yang menetap di wilayah Kota Mekkah, dikutip dari Kompas.com (2/6/2022).

Dalam catatan sejarah disebutkan bahwa kaum Quraisy melakukan berbagai cara untuk menyakiti Nabi Muhammad dan berniat membunuhnya guna menghentikan dakwahnya.

Kekejaman kaum kafir Quraisy juga dirasakan oleh para pengikut Nabi Muhammad di Mekkah, yang disiksa dan dipaksa untuk keluar dari Islam.

Baca juga: Pulang Haji, Bolehkah Membawa Air Zamzam ke Dalam Koper?

Selain peringatan hijrah, Tahun Baru Islam juga dirayakan untuk menandai pergantian tahun Hijriah dalam tradisi umat Islam.

Adapun, bulan pertama dalam kalender Islam adalah Muharram yang diyakini sebagai bulan suci sama halnya seperti Ramadhan.

Kata Muharram sendiri berasal dari bahasa Arab, Harrama-Yuharrimu-Tahriiman-Muharrimun-wa-Muharramun, yang berarti diharamkan.

Muharram dapat diartikan sebagai suatu yang dihormati dan diharamkan dari hal yang tidak baik.

Di Indonesia, Tahun Baru Islam masuk sebagai hari libur nasional sehingga aktivitas pemerintahan, perkantora, dan sekolah libur saat momen ini.

Baca juga: 10 Sahabat Nabi Muhammad SAW yang Dijamin Masuk Surga

Lantas, kapan hari libur Tahun Baru Islam 1445 H?

Hari libur Tahun Baru Islam 1445 H

Seluruh siswi MINU Tratee Putri Gresik dikumpulkan, sebelum dilepas secara simbolis untuk agenda pawai menyambut tahun baru Islam dan momen Agustusan, Jumat (12/8/2022). *** Local Caption *** Seluruh siswi MINU Tratee Putri Gresik dikumpulkan, sebelum dilepas secara simbolis untuk agenda pawai menyambut tahun baru Islam dan momen Agustusan, Jumat (12/8/2022).KOMPAS.COM/HAMZAH ARFAH Seluruh siswi MINU Tratee Putri Gresik dikumpulkan, sebelum dilepas secara simbolis untuk agenda pawai menyambut tahun baru Islam dan momen Agustusan, Jumat (12/8/2022). *** Local Caption *** Seluruh siswi MINU Tratee Putri Gresik dikumpulkan, sebelum dilepas secara simbolis untuk agenda pawai menyambut tahun baru Islam dan momen Agustusan, Jumat (12/8/2022).

Pemerintah telah menetapkan daftar hari libur nasional dan cuti bersama 2023 melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri.

Pemerintah telah mengeluarkan 3 SKB dengan versi terbaru diteken pada 16 Juni 2023 untuk menambah cuti bersama Idul Adha 1444 H.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com