Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Minum Teh Hijau yang Dicampur Lemon, Apa Saja?

Kompas.com - 26/06/2023, 07:30 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Teh hijau yang ditambah dengan potongan maupun perasan air lemon menjadi alternatif yang cocok untuk dijadikan sebagai minuman yang menyehatkan.

Minum teh hijau dengan lemon bermanfaat untuk menghidrasi tubuh. Selain itu, minuman ini juga rendah kalori dan gula, sehingga cocok untuk program penurunan berat badan.

Dikutip dari WebMD, lemon juga mengandung asam sitrat yang merupakan diuretik alami yang dapat mengurangi retensi air, meningkatkan kesehatan saluran kemih, dan mencegah batu ginjal.

Sebuah penelitian juga menemukan bahwa asam sitrat dapat meningkatkan penyerapan mineral seperti kalsium dan fosfor dalam tubuh Anda.

Baca juga: Berasal dari Tanaman yang Sama, Apa Sebenarnya Beda Teh Hijau dan Teh Hitam?


Berikut manfaat teh hijau dengan lemon yang baik untuk kesehatan tubuh:

Manfaat teh hijau dengan lemon

1. Kaya akan antioksidan

Teh hijau dan lemon mengandung antioksidan yang tinggi, di mana senyawa tersebut mampu membantu melindungi dari peradangan dan kerusakan sel akibat oksidasi.

Teh hijau, khususnya, kaya akan antioksidan seperti epigallocatechin gallate (EGCG), quercetin, asam klorogenat, dan theogallin.

Sementara itu, lemon merupakan sumber antioksidan yang baik untuk asam askorbat, hesperidin, naringin, dan asam ferulat.

Penelitian menunjukkan bahwa antioksidan memainkan peran kunci dalam kesehatan dan penyakit dan dapat melindungi dari kondisi kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan obesitas.

Baca juga: Kebiasaan Minum Teh Hitam Bisa Turunkan Risiko Stroke, Serangan Jantung, dan Kematian Dini

2. Membantu menurunkan berat badan

Salah satu khasiat teh hitam adalah menurunkan risiko penyakit jantung.Charlotte May Salah satu khasiat teh hitam adalah menurunkan risiko penyakit jantung.

Dilansir dari Healthline, teh hijau dengan lemon dapat menjadi tambahan yang bagus untuk diet penurunan berat badan yang sehat.

Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh hijau dapat mendukung penurunan berat badan dan meningkatkan pembakaran lemak.

Menurut satu tinjauan terhadap 15 penelitian, minum teh hijau dengan jumlah EGCG yang lebih tinggi selama setidaknya 12 minggu dikaitkan dengan penurunan berat badan dan lemak tubuh.

Satu studi pada 115 wanita juga menemukan bahwa mengonsumsi ekstrak teh hijau selama 12 minggu menyebabkan penurunan berat badan, indeks massa tubuh, dan lemak perut yang signifikan.

Baca juga: 7 Efek Samping Minum Teh Terlalu Banyak, Salah Satunya Susah Tidur

3. Dapat meningkatkan kesehatan jantung

Penelitian telah menemukan bahwa teh dan lemon dikaitkan dengan beberapa manfaat untuk kesehatan jantung.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com