Kebiasaan Minum Teh Hitam Bisa Turunkan Risiko Stroke, Serangan Jantung, dan Kematian Dini

Kompas.com - 19/09/2022, 07:25 WIB

KOMPAS.com - Studi yang dipublikasikan oleh Annals of Internal Medicine menemukan bahwa kebiasaan mengonsumsi dua cangkir atau lebih teh hitam setiap hari mampu menurunkan risiko kematian dini.

Penelitian ini mengaitkan hubungan antara konsumsi teh dengan peluang hidup lebih lama.

Dilansir dari The Insider, para peneliti dari National Institutes of Health itu mengumpulkan data sekitar 500.000 penduduk Inggris untuk menyelesaikan studi tersebut. Penduduk itu rata-rata berusai 40 hingga 60 tahun.

Berdasarkan penelitian itu, mereka yang mengonsumsi teh hitam sebanyak 2 cangkir per hari mengalami penurunan risiko kematian dini 9 hingga 13 persen atau sekitar 11 tahun.

Dengan kata lain, seseorang yang mengonsumsi minimal dua cangkir teh setiap hari dapat hidup 11 tahun lebih lama jika dibandingkan mereka yang tidak meminum teh.

Menurut New York Post, suhu teh atau penambahan kondimen lain seperti gula dan susu tidak mengubah manfaat teh hitam untuk menurunkan risiko kematian dini itu.

Baca juga: Jangan Terlalu Lama atau Terlalu Singkat, Ini Durasi Ideal Menyeduh Teh


Menurunkan risiko stroke dan jantung

Selain menurunkan risiko kematian, penelitian tersebut juga menunjukkan bahwa mengonsumsi teh setiap hari dapat menurunkan risiko penyakit jantung atau stroke.

Para peneliti dalam studi terbaru itu memiliki hipotesis bahwa manfaat minum teh terkait dengan bahan kimia yang terkandung di tanaman teh, yakni polifenol dan flavonoid.

Kedua zat tersebut dikatakan dapat membantu menurunkan peradangan.

Jenis polifenol tertentu yang disebut sebagai katekin memiliki efek antioksidan di dalam tubuh, mengurangi stres pada sel, dan membantu menurunkan risiko penyakit.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.