Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sederet Drama SEA Games Kamboja 2023, Pesilat Indonesia Diduga Dipaksa WO dan Kamar Atlet Bocor

Kompas.com - 12/05/2023, 20:00 WIB
Yefta Christopherus Asia Sanjaya,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gelaran SEA Games ke-32 yang digelar di Kamboja pada 5-17 Mei 2023 menjadi perhatian warganet Indonesia beberapa hari ke belakang.

Salah satu penyebabnya yakni adanya sejumlah "drama" yang terjadi dalam perhelatan olahraga terakbar se-Asia Tenggara tersebut.

Mulai dari kamar atlet yang bocor hingga pesilat Indonesia diduga dipaksa mundur mewarnai SEA Games kali ini.

Baca juga: Viral, Video Atlet Indonesia Dapat Kamar Bocor di SEA Games Kamboja, Apa yang Terjadi?

Baca juga: LINK Pantauan Perolehan Medali SEA Games 2023

Berikut sederet drama yang terjadi pada SEA Games Kamboja 2023:

1. Pesilat Indonesia diduga dipaksa mundur

Pesilat Indonesia Bayu Lesmana dikabarkan dipaksa mundur supaya pesilat Kamboja Non Sromoachkhoram mendapat medali emas.

Dilansir dari Kompas.com, Bayu Lesmana sebenarnya melaju ke final pencak silat SEA Games kelas U45 putra pada Rabu (10/5/2023). Namun, Bayu hanya memperoleh medali perak, sementara Sromoachkhoram berhasil mendapat medali emas.

Dalam hal ini, pelatih kepala timnas pencak silat Indonesia Indro Catur mengatakan bahwa Bayu sebenarnya mengalah bukan dipaksa kalah.

"Pengorbanan" tersebut dimaksudkan untuk mengapresiasi tuan rumah Kamboja yang sudah mempertandingkan kelas U45 putra karena turnamen ini awalnya tidak dipertandingkan karena kekurangan peserta.

"Bayu bukan dikorbankan, tetapi pengorbanan dia untuk pencak silat dan tim Indonesia," kata Indro.

Sementara itu, CdM Kontingen Indonesia Lexyndo Hakim mengatakan bahwa dirinya baru mengetahui kabar bahwa Bayu diduga dipaksa mengalah supaya pesilat Kamboja memperoleh medali emas.

Ia menyampaikan, pihaknya saat ini masih fokus pada hospitality atlet kontingen Indonesia.

"Saya belum mendapat informasi yang detail dan fakta. Saya masih fokus untuk hospitality atlet kontingen," kata Lexyndo kepada Kompas.com, Jumat (12/5/2023).

Baca juga: Apa itu Bug Cypher yang Bikin Indonesia Walk Out di Final SEA Games Valorant

2. Kamar atlet Indonesia bocor

Atlet Indonesia mendapat kamar bocor di perkampungan atlet di Phnom Penh, Kamboja. Kamar bocor usai ibukota Kamboja ini diguyur hujan deras pada Senin (8/5/2023) sore.Tangkapan layar akun TikTok @mldngr Atlet Indonesia mendapat kamar bocor di perkampungan atlet di Phnom Penh, Kamboja. Kamar bocor usai ibukota Kamboja ini diguyur hujan deras pada Senin (8/5/2023) sore.

Selain kabar yang menyebutkan pesilat Indonesia dipaksa kalah, SEA Games Kamboja 2023 juga diwarnai dengan kamar atlet yang bocor.

Dilansir dari Kompas.com, peristiwa tersebut dialami oleh pebulutangkis Indonesia di perkampungan atlet di Phnom Penh, Kamboja pada Senin (8/5/2023) lalu.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com