Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ramai soal Universitas Harvard Ajarkan Bahasa Indonesia mulai 2023, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 31/03/2023, 11:00 WIB
Dandy Bayu Bramasta,
Farid Firdaus

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Di media sosial Twitter, ramai bahasan yang menyebutkan Universitas Harvard mengajarkan bahasa Indonesia ke mahasiswa mulai 2023.

Informasi itu dibagikan warganet melalui akun Twitter @tanyakanrl pada Rabu (29/3/2023).

"UnHar (Universitas Harvard) udah ada b.indo nya guys, cus yg mau daftar," demikian keterangan yang dituliskan warganet tersebut.

Hingga Jumat (31/3/2023) pagi, twit tersebut telah dijangkau lebih dari 1,9 juta kali dan disukai lebih dari 50.000 kali oleh pengguna Twitter.

Baca juga: Mahasiswi Indonesia Nadhira Afifa Terpilih Sampaikan Pidato di Wisuda Harvard

Baca juga: Pidato di Wisuda Harvard, Ini yang Disampaikan Nadhira Afifa

Lantas, benarkah Universitas Harvard mengajarkan bahasa Indonesia mulai tahun ini?

Universitas Harvard ajarkan bahasa Indonesia

Bahasa Indonesia memang menjadi salah satu bahasa yang akan diajarkan di Universitas Harvard tahun ini.

Bahasa Indonesia bergabung dengan dua bahasa lainnya yang bakal diajarkan di universitas top dunia itu, yakni Tagalog atau bahasa Filipina dan bahasa Thailand.

Kabar tersebut diumumkan melalui surat kabar mahasiswa Universitas Harvard, The Harvard Crimson pada Jumat (24/3/2023).

Departemen Studi Asia Selatan akan mempekerjakan tiga pembimbing untuk mengajar bahasa Tagalog, bahasa Indonesia, dan Thailand, untuk penawaran kursus mulai tahun akademik 2023-2024.

Pusat Asia Universitas Harvard mendapatkan dukungan keuangan untuk posisi tersebut melalui upaya penggalangan dana, menurut Direktur Eksekutif Elizabeth K. Liao.

Baca juga: Cerita Arta Kuliah di Harvard, Mengajar Tari Bali di AS, hingga Didanai MIT

Posisi itu akan menjadi penunjukan jangka waktu tiga tahun untuk setiap pembimbing dan dapat diperpanjang hingga lima tahun tambahan.

"Kami sangat bersemangat dan berharap bahwa posisi ini akan menjadi pengubah permainan dalam hal misi jangka panjang Pusat Asia untuk membangun studi Asia Tenggara di Harvard, serta keterlibatan universitas dengan kawasan ini," tulis Liao dalam sebuah surel.

Jorge Espada, Associate Director Program Asia Tenggara di Asia Center, mengatakan, timnya melihat kurangnya penawaran studi Asia Tenggara dan kursus bahasa ketika mereka mensurvei semua sumber daya semacam itu di Harvard.

"Sebagian besar bahasa Asia Tenggara diajarkan sebagai bagian dari format tutorial di Departemen Studi Asia Selatan," ujarnya.

"Kami ingin melihat apakah bahasa-bahasa ini dapat diajarkan oleh posisi tingkat pembimbing untuk memprofesionalkan pengajaran, membuatnya lebih konsisten, dan membangkitkan antusiasme di Harvard," lanjutnya.

Baca juga: Kisah Andhika Sudarman, Mahasiswa Indonesia Pertama yang Pidato di Wisuda Harvard Law School

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com