Kisah Andhika Sudarman, Mahasiswa Indonesia Pertama yang Pidato di Wisuda Harvard Law School

Kompas.com - 14/09/2020, 09:30 WIB
Andhika Sudarman, orang Indonesia pertama yang berpidato di wisuda Harvard Law School. Dok. Andhika Sudarman.Andhika Sudarman, orang Indonesia pertama yang berpidato di wisuda Harvard Law School.

KOMPAS.com - Memiliki kesempatan untuk kuliah di luar negeri adalah mimpi banyak orang. Apalagi, kampus itu termasuk salah satu yang terbaik di dunia.

Kesempatan berharga itu berhasil diraih oleh Andhika Sudarman, pemuda asal Tanjung Pinang, Kepulauan Riau.

Belum lama ini, Andhika lulus dari Harvard Law School (HLS), almamater dari mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama.

Tak hanya itu, Andhika bahkan menjadi orang Indonesia pertama yang berpidato saat acara wisuda di HLS.

Bagaimana kisah Andhika?

Andhika mengatakan, proses untuk bisa berpidato di acara kelulusan itu tidak sederhana dan berlangsung sejak bulan pertama kuliah.

"Di HLS itu unik, karena sistem seleksinya berbeda dengan yang lain yang rata-rata itu submit CV dan naskah pidato, kemudian dipilih," kata Andhika kepada Kompas.com, Sabtu (6/9/2020).

"Kalau di HLS itu harus nyalon dulu dan voting di bulan pertama. Istilahnya sebagai perwakilan kelas atau semacam jenderal. Kemudian dari situ kita berkompetisi, sebelum lulus ada seleksi satu lagi," lanjut dia.

Pada tahap terakhir, hanya ada enam mahasiswa yang tersisa. Andhika merupakan satu-satunya mahasiswa yang berasal dari Asia, empat di antaranya berasal dari AS, dan satu lainnya dari Afrika.

Setelah melalui diskusi panjang, akhirnya Andhika terpilih untuk berpidato saat acara wisuda.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X