Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapa Amien Sunaryadi yang Ditunjuk Sri Mulyani Jadi Ketua Komite Pengawas Perpajakan?

Kompas.com - 18/03/2023, 13:30 WIB
Nur Rohmi Aida,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani melantik Amien Sunaryadi sebagai Ketua Komite Pengawas (Komwas) Perpajakan pada (17/3/2023).

Struktur Komwas Perpajakan yang baru diharapkan dapat meningkatkan kinerja Komwas Perpajakan lebih baik lagi ditengah kasus pajak saat ini.

“Saya minta baik yang dilantik maupun yang hadir disini untuk sekali lagi menegaskan kembali membangun kepercayaan publik bagi instansi Kementerian Keuangan," kata Sri Mulyani dalam keterangan pers dikutip dari laman resmi Kemenkeu.

Siapa Amien Sunaryadi yang ditunjuk sebagai Ketua Komite Pengawas Perpajakan?

Profil Amien Sunaryadi

Amien Sunaryadi lahir di Malang, Jawa Timur, pada 23 Januari 1960. Dia merupakan lulusan Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) tahun 1988.

Ia kemudian menyelesaikan pendidikan Master of Profesional Accountancy di Georgia State University, Atlanta, AS pada tahun 1993.

Amien tercatat mendapatkan sertifikasi auditor Certified Information System Auditor (CISA) System Audit and Control Foundation pada tahun 1996.

Selama karirnya Amien pernah menjabat di sejumlah lembaga pemerintahan. Mulai dari Kepala Sub Direktorat di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada tahun 1982-2000.

Kemudian ia pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada tahun 2003-2007.

Merintis KPK

Dikutip dari Kompas.com (23/12/2019) Amien termasuk Pimpinan KPK angkatan pertama yang merintis keberadaan KPK dari nol bahkan saat KPK belum memiliki gedung sendiri.

Selain sebagai petinggi KPK, dikutip dari Kompas.com (19/11/2014), Amien juga pernah ditunjuk Presiden Joko Widodo menjabat sebagai Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksanaan Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Pada 23 Desember 2019 Amien ditunjuk oleh Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Komisaris Utama (Komut) PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com