Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Saat Pangeran Harry dan Meghan Markle Diminta Kosongkan Rumahnya di Inggris...

Kompas.com - 02/03/2023, 16:31 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.comPangeran Harry dan Meghan Markle telah diminta untuk mengosongkan rumah mereka yang berada di Frogmore Cottage, di dalam lahan perkebunan Kastil Windsor milik Raja Charles, Inggris.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa Duke dan Duchess of Sussex telah diminta untuk mengosongkan kediaman mereka di Frogmore Cottage," kata juru bicara Harry dan Meghan, dikutip dari Sky News, Rabu (1/3/2023).

Diketahui Duke of Sussex merupakan gelar bagi Pangeran Harry. Sedangkan pasangannya bergelar duchess, artinya Duchess of Sussex merupakan gelar Meghan Markle.

Duke merupakan gelar tertinggi di antara semua bangsawan di Inggris, hanya setingkat di bawah raja atau ratu.

Dalam laporan itu mereka mengeklaim bahwa permintaan tersebut sudah disetujui oleh Raja Charles. 

Baca juga: Ketika Pangeran Harry dan Meghan Markle Memutuskan Mundur dari Kerajaan...


Raja Charles menawarkannya kepada Pangeran Andrew

Dikutip dari Reuters, Kamis (2/3/2023), rumah tersebut sebelumnya telah ditawarkan Charles kepada saudaranya Pangeran Andrew.

Pangeran Andrew merupakan adik raja yang terpaksa berhenti dari peran kerajaannya karena hubungannya dengan terpidana pelanggar seks AS, Jeffrey Epstein.

Dalam laporan The Sun mengatakan, Andrew saat ini ingin tinggal di rumahnya sendiri yang berada di Royal Lodge daripada pindah ke Frogmore Cottage.

Keputusan Charles muncul setelah pengungkapan yang memberatkan pasangan itu tentang ayah Harry, kakak laki-lakinya Pangeran William dan bangsawan lainnya dalam memoarnya baru-baru ini, sebuah film dokumenter Netflix dan serangkaian wawancara TV.

Istana Buckingham mengatakan tidak akan mengomentari laporan tersebut. Sumber kerajaan mengatakan diskusi semacam itu akan menjadi masalah pribadi keluarga.

Baca juga: Profil Raja Charles III, Ahli Waris Takhta Ratu Elizabeth II

Awal mula Harry dan Meghan pindah ke Frogmore Cottage

Pangeran Harry dan Meghan Markle dalam serial dokumenter terbarunya di Netflix.Repro bidik layar via Netflix Pangeran Harry dan Meghan Markle dalam serial dokumenter terbarunya di Netflix.
Masih dari sumber yang sama, diketahui bahwa Harry dan Meghan pindah ke Frogmore Cottage yang berada di perkebunan Kastil Windsor sebelah barat London setelah pernikahan mereka pada 2018.

Kemudian, setelah mereka mengundurkan diri dari tugas kerajaan pada 2020, mereka pindah ke California untuk menjalani kehidupan dan karier baru.

Meskipun begitu, bagi mereka Frogmore Cottage tetap menjadi tempat tinggalnya di Inggris.

Selain itu, Harry dan Meghan juga telah setuju untuk membayar 2,4 juta pound atau sekitar Rp 44 miliar untuk uang pembayaran pajak yang digunakan dalam merenovasi rumah.

Di sisi lain, sepupu Harry Eugenie, putri bungsu Andrew, dan suaminya juga sudah diberikan hak untuk menggunakan properti tersebut setelah Harry dan Meghan pergi, namun dalam laporan The Sun disebutkan bahwa mereka telah pindah.

Baca juga: Mundur dari Kerajaan, Apa Kegiatan Pangeran Harry dan Meghan?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com