Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Sungai Terpanjang di Dunia, Mana Saja?

Kompas.com - 23/02/2023, 20:00 WIB
Alicia Diahwahyuningtyas,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sungai merupakan aliran air alami yang menjadi sumber kehidupan di bumi. Sejumlah peradaban dunia lahir, muncul, dan berkembang di sekitar sungai.

Sebut saja peradaban Mesir Kuno (Sungai Nil), Mesopotamia (Tigris/Efrat), China Kuno (Sungai Kuning) dan India Kuno (Indus). Sungai menyediakan pasokan air minum. Hal ini juga membuat lahan untuk tanaman tumbuh subur.

Dikutip dari Usgs, sekitar 71 persen permukaan bumi tertutup air dan lautan menampung sekitar 96,5 persen dari seluruh air Bumi. Air juga ada di udara sebagai uap air, di sungai, danau, di lapisan es dan gletser.

Maka tidak mengherankan jika sungai dan saluran air memainkan peran besar dalam kehidupan manusia, hewan, dan ekosistem. Sebuah sungai bisa lebar dan dalam, atau cukup dangkal untuk diseberangi seseorang.

Namun, tahukah Anda apa dan di mana sungai terpanjang di dunia? Berikut ini daftar sungai terpanjang di dunia yang dilansir dari World Atlas.

Baca juga: Kisah Viral, Wanita Bangladesh Seberangi Sungai Penuh Buaya demi Nikahi Pacar yang Dikenal via Facebook

1. Sungai Nil-6.650 km

Sungai Nil menjadi sungai terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 6.650 kilometer.

Sungai Nil mengalir melalui sebagian besar benua Afrika dan mengalir melalui beberapa negara, termasuk Uganda, Ethiopia, Sudan, Sudan Selatan, Republik Demokratik Kongo, Kenya, Tanzania, Rwanda, Burundi, dan Mesir.

Nil Biru dan Nil Putih adalah anak sungai utama Nil yang mengalir ke sungai ini, yang mengalir ke selatan, akhirnya mengalir ke Laut Mediterania.

Sungai Nil adalah sumber utama air dan transportasi. Perairan Sungai Nil juga bisa menghidupi sekitar 40 persen populasi penduduk Kenya.

2. Sungai Amazon-6.400 km

Pemandangan udara Sungai Amazon dekat Manaus, di Amazon Brasil.Carlos Fabal Pemandangan udara Sungai Amazon dekat Manaus, di Amazon Brasil.

Sungai Amazon merupakan sungai terpanjang kedua di dunia yang memiliki panjang sekitar 6.400 kilometer.

Panjangnya sangat dekat dengan Sungai Nil sehingga beberapa statistik menunjukkan bahwa itu sebenarnya lebih panjang. Selain itu, Sungai Amazon juga memiliki volume debit terbesar di dunia.

Faktanya, Amazon sangat besar sehingga dua sungai terbesar berikutnya (berdasarkan volume) sebenarnya adalah anak sungai Amazon.

Sungai Amazon mengalir melalui tiga negara di Amerika Selatan yakni Brasil, Peru, dan Kolombia yang bermuara di Samudera Atlantik.

Di sekitar sungai terdapat daerah hutan hujan amazon yang dikenal sebagai daerah yang sangat kaya akan keanekaragaman hayati. Kira-kira sepertiga dari semua spesies yang dikenal di dunia hidup di wilayah Amazon.

Baca juga: Terpanjang Kedua di Dunia, Berapa Panjang Sungai Amazon?

3. Sungai Yangtze-6.300 km

Sungai Yangtze di China menjadi salah satu sungai terpanjang di dunia dengan panjang sekitar 6.300 kilometer. Sungai Yangtze juga menjadi sungai terpanjang di Asia yang mengalir ke arah timur melintasi sebagian besar China, bermuara ke Laut China Timur.

Sungai Yangtze menjadi sumber air utama di China dan memiliki cekungan drainase yang mencakup sekitar sepertiga dari populasi negara tersebut. Sekitar 400 juta orang tinggal di sepanjang tepiannya.

Sungai ini sangat penting sepanjang sejarah dan memainkan peran penting di China. Sungai ini juga merupakan perbatasan tidak resmi antara China Utara dan China Selatan.

Sungai ini juga telah digunakan untuk air minum, transportasi, dan irigasi dan sangat penting selama masa perang. Saat ini, Bendungan Tiga Ngarai adalah pembangkit listrik terbesar di dunia, menariknya listriknya berasal dari sungai.

4. Sungai Mississippi-6.270 km

Sungai Mississippi-Missouri, di Amerika Serikat bagian selatan ini memiliki panjang sekitar 6.270 kilometer. Sungai Missouri dan Mississippi adalah dua sungai terpanjang di AS, namun karena mengalir satu sama lain, mereka sering dianggap sebagai satu sungai besar atau sistem sungai.

Sungai Mississippi secara historis menjadi sumber transportasi utama dan juga merupakan rumah bagi sejumlah besar satwa liar. Delta Mississippi, memiliki rangkaian ekosistem yang mencakup segala sesuatu mulai dari kebun siprus hingga rawa-rawa dan pantai berpasir. 

Baca juga: Sungai Terpanjang Kedua di Amerika Selatan Kering, Apa Penyebabnya?

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com