Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

7 Drama Korea dengan Rating Tertinggi

Kompas.com - 13/02/2023, 21:00 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Bertambahnya akses drama Korea membuat penonton global meningkat tajam. Menurut survei Statista yang dilakukan di 18 negara pada akhir 2021, lebih dari 49 persen responden menyatakan bahwa drama Korea sangat populer di negara mereka.

Ditambah lagi dengan mendunianya serial Squid Game yang di awal penayangannya langsung berhasil menempati peringkat pertama di 94 negara. Tak hanya itu, menurut Korea Creative Content Agency (KOCCA), Amerika Serikat menyumbang lima hingga enam persen penonton internasional.

Kini, salah satu drama Korea asal platform Netflix, Crash Course in Romance, memiliki rekor series dengan peningkatan tertinggi. Informasi ini pun dibahas dalam Kamjagiya Korea! episode ““Crash Course in Romance”, Rekor Series dengan Peningkatan Rating Tertinggi” dengan tautan dik.si/KamKorCCR.

Selain Crash Course in Romance, ternyata ada banyak drama Korea yang memiliki rating tertinggi. Hal inilah yang menjadi indikator kesuksesan suatu drama. Berikut adalah daftar drama Korea yang memiliki rating tinggi.

1. My Lovely Sam Soon

Drama ini dirilis pada 2005 dengan rating rata-rata 37 persen dan rating tertinggi 49,1 persen. My Lovely Sam Soon adalah drama yang membuat nama Park Hyun Bin dikenal khalayak luas, bahkan menyabet Grand Prize for TV di Baeksang Art Awards 2006 dan hampir semua nominasi di MBC Awards 2005.

Baca juga: Mengapa Agensi Penting untuk Grup Idola Korea?

Drama ini mengisahkan kehidupan Kim Sam Soon (Kim Sun A) yang berjuang menurunkan berat badan agar sesuai standar kecantikan masyarakat Korea. Di samping itu, ia sedang galau karena diputuskan oleh pacarnya. Sampai suatu saat, ia bertemu dengan Hyun Ji Heon (Park Hyun Bin).

2. The World of The Married

Memiliki genre makjang (drama dengan alur liar, penuh plot twist, memancing emosi, dan sulit diterima dengan akal sehat), drama ini adalah salah satu yang ramai dibicarakan saat perilisannya. Bahkan, rating tertingginya mencapai 28,37 persen.

Diperankan oleh artis kondang Kim Hee Ae sebagai Ji Sun Woo, Park Hae Joon sebagai Lee Tae Oh, dan Han So Hee sebagai Yeo Da Kyung, drama ini mengisahkan hubungan rumah tangga yang retak karena sang suami berkhianat kepada sang istri.

3. Bread, Love and Dreams

Berlatar Korea tahun 1970-an, drama ini mengisahkan kehidupan Kim Tak Gu (Yoon Shi Yoon) yang berjuang untuk mencapai mimpinya sebagai pembuat roti paling sukses di negaranya.

Drama yang berjumlah 30 episode ini pernah mencapai rating 50,9 persen pada episode terakhirnya. Rupanya, ada banyak masyarakat Korea yang menjadi penonton setia kisah hidup Kim Tak Gu, ya.

4. Sky Castle

Drama yang dirilis pada 2018 ini mengisahkan kehidupan keluarga konglomerat Korea Selatan. Keluarga-keluarga ini tinggal di Sky Castle, perumahan eksklusif yang hanya boleh ditempati orang-orang terpandang. Bagi mereka, kesuksesan anak-anak adalah segalanya.

Baca juga: 4 Alasan K-Pop Sangat Populer di Kancah Dunia

Memiliki rating tertinggi 23,779 persen, drama ini diperankan oleh Yeom Jung Ah sebagai Han Seo Jin, Lee Tae Ran sebagai Im Soo Jin, Yoon Se Ah sebagai No Seung Hye, Oh Na Ra sebagai Jin Ji Hee, dan Kim Seo Hyung sebagai Kim Joo Young.

5. Full House

Berdasarkan dari manhwa Full House karya Won Soo-yeon, serial komedi-romantis ini mengisahkan pernikahan kontrak antara wanita biasa, Han Ji Eun (Song Hye Kyo), dan aktor bernama Lee Young Jae (Rain).

Han Ji Eun, seorang penulis naskah, tinggal di rumah bernama Full House yang dibangun oleh ayahnya. Namun, karena suatu kejadian Ji Eun ternyata telah ditipu dan rumahnya sudah dibeli oleh Young Jae.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com