Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Medio by KG Media
Siniar KG Media

Saat ini, aktivitas mendengarkan siniar (podcast) menjadi aktivitas ke-4 terfavorit dengan dominasi pendengar usia 18-35 tahun. Topik spesifik serta kontrol waktu dan tempat di tangan pendengar, memungkinkan pendengar untuk melakukan beberapa aktivitas sekaligus, menjadi nilai tambah dibanding medium lain.

Medio yang merupakan jaringan KG Media, hadir memberikan nilai tambah bagi ranah edukasi melalui konten audio yang berkualitas, yang dapat didengarkan kapan pun dan di mana pun. Kami akan membahas lebih mendalam setiap episode dari channel siniar yang belum terbahas pada episode tersebut.

Info dan kolaborasi: podcast@kgmedia.id

4 Alasan K-Pop Sangat Populer di Kancah Dunia

Kompas.com - 02/02/2023, 12:34 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

Oleh: Alifia Putri Yudanti dan Ikko Anata

KOMPAS.com - Demam Korea kini sedang menjangkiti masyarakat dunia. Untuk sampai di tahap ini, bisa tentu tidak diraih dalam waktu singkat. Sejak generasi pertama, para grup idola berusaha menciptakan formula agar K-Pop semakin dikenal lebih banyak orang.

Tak hanya didominasi oleh grup idola, bahkan budaya Korea pun juga mendominasi beberapa negara. Fenomena ini pun dikenal sebagai Hallyu Wave yang terlihat dari merajalelanya drama, musik, produk kecantikan, hingga kuliner Korea.

Hadirnya Blackpink dan BTS membuat K-Pop semakin mendunia. Melalui dukungan agensi dan talenta anggotanya, kedua grup ini mampu bersaing dengan musisi di kancah internasional. Dari situ, grup-grup idola baru pun makin banyak bermunculan.

Bahkan, salah satu anggota Blackpink asal Thailand, Lisa, berhasil menorehkan namanya di Guinness World Records. Dalam Kamjagiya Korea! episode “Blackpink Catat Guinness World Record” dengan tautan dik.si/KamKorLisaBP disebutkan perempuan ini bahkan berhasil mencatatkan tiga rekor.

Lantas, mengapa grup idola Korea ini sangat populer belakangan ini, bahkan mampu mendobrak dunia internasional?

1. Lagu Easy Listening, Lirik Catchy

Mengutip Washington Post, faktor pertama yang membuat grup idola Korea banyak diminati adalah karena mereka memiliki lagu-lagu bagus. Meskipun bahasa yang digunakan mungkin tak familier di telinga banyak orang, namun mereka berhasil menutupinya dengan penggunaan nada yang easy listening.

Baca juga: 10 Rekomendasi Drama Korea Berlatar Kantor

Beberapa lagu K-Pop banyak menggunakan formula: intro, verse 1, bridge, dan hook. Selain itu, di dalam hook biasanya diselipkan juga kata berbahasa Inggris yang mudah diikuti. Misalnya, dalam lagu “Sorry Sorry” milik Super Junior dan “Tell Me” milik Wonder Girls.

Namun, seiring berkembangnya musik K-Pop, produser pun semakin giat berinovasi. Kini, bermunculan pula musik-musik eksperimental yang memadukan berbagai macam nada dalam satu lagu bak “Bohemian Rhapsody” milik Queen.

Kita dapat menjumpai lagu-lagu dari SM Entertainment, seperti “I Got A Boy” oleh Girls’ Generation atau “Next Level” milik aespa. Selain itu, ada pula grup asal JYP Entertainment, yaitu NMIXX yang menggunakan konsep ini dalam lagu-lagunya, seperti “O.O” dan “Dice”.

2. Konsep Grup Disertai Promosi Unik

Konsep-konsep yang unik menjadi pembeda grup idola asal Korea dengan negara lainnya. Setiap tahunnya, grup-grup baru dari berbagai agensi pun muncul. Hal ini menyebabkan persaingan di pasar pun semakin sengit. Itu sebabnya, agensi harus mampu menciptakan konsep unik yang membedakan grup asuhannya.

Salah satu grup yang sedang digandrungi banyak orang adalah NewJeans. Grup besutan Ador yang beranggotakan lima gadis remaja ini dinilai memiliki konsep yang unik. Saat waktu debut, agensi dengan CEO Min Hee Jin ini tak mengeluarkan lini masa atau konsep foto sebagai teaser.

Baca juga: Kunci Utama yang Harus Dimiliki Tim saat Bekerja

Mereka justru langsung mengunggah musik video “Hype Boy”, “Attention”, dan “Hurt” yang membuat publik bertanya-tanya. Sebulan kemudian, mereka pun mengunggah video musik terakhir “Cookie” disertai publikasi lagu di berbagai kanal streaming. Publik menilai promosi grup ini pun dinilai tak biasa.

Tak hanya itu, ada pula grup asal SM Entertainment, yaitu Red Velvet yang memiliki dua konsep berbeda. Saat mereka kembali dengan konsep Red lagu utamanya bernuansa ceria, seperti “Power Up” atau “Red Flavor”. Sementara itu, konsep Velvet adalah kebalikannya. Lagu-lagunya lebih bernuansa gelap, seperti “Bad Boy” dan “Psycho”.

3. Berani Mencoba ke Pasar Global

Alasan lainnya yang membuat K-Pop semakin mendunia adalah agensi Korea yang mampu membuka peluang bagi masyarakat dunia untuk terjun dalam industrinya. Hal ini dibuktikan dengan adanya perekrutan trainee secara global hingga survival show seperti Girl’s Planet 999 dan I-Land.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com