Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biaya Kuliah Universitas Oxford 2022

Kompas.com - 27/06/2022, 12:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Universitas Oxford merupakan salah satu kampus terbaik di dunia yang berlokasi di Inggris.

Universitas Oxford terdiri dari beberapa departemen, mulai dari departemen akademik dan administrasi hingga perpustakaan dan museum.

Dilansir dari laman resmi Oxford, terdapat sekitar 100 departemen akademik utama yang diawasi oleh empat divisi akademik, yaitu Ilmu Kedokteran, Matematika, Fisika dan Ilmu Hayati serta Humaniora dan Ilmu Sosial.

Kampus tersohor ini menyediakan fasilitas lengkap bagi para mahasiswanya, mulai dari akomodasi, katering, ruang sosial, pelayanan pastoral dan fasilitas lainnya.

Bahkan, Universitas Oxford menyediakan layanan mahasiswa terpusat untuk karir dan konseling.

Di Indonesia sendiri, sejumlah tokoh publik diketahui merupakan lulusan Universitas Oxford. Mereka di antaranya adalah Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak hingga aktris Maudy Ayunda.

Dengan beragam fasilitas tersebut, berapa biaya kuliah di Universitas Oxford?

Baca juga: Daftar Biaya Kuliah di 27 Program Studi UPH

Biaya kuliah di Oxford 2022

Biaya kuliah di Oxford dibedakan menjadi dua, yaitu biaya kuliah untuk pelajar asal United Kingdom (UK) dan pelajar yang berasal dari luar UK.

1. Mahasiswa asal UK

Dikutip dari laman Oxford, biaya kuliah di Oxford bagi mahasiswa yang berasal dari UK pada 2022 adalah £9.250 pound Britania atau sekitar Rp 168 juta.

Mahasiswa asal UK ini bisa mengakses pinjaman biaya kuliah dari pemerintah Inggris untuk jumlah penuh. Sehingga mahasiswa tidak perlu membayar biaya apapun di muka.

Namun, bagi mahasiswa yang tidak ingin meminjam pemerintahan Inggris, dapat membayar biaya tersebut secara mandiri pada awal tahun pembelajaran.

2. Mahasiswa luar negeri

Adapun bagi mahasiswa luar negeri, biaya kuliah di Oxford berbeda dibanding mahasiswa asal UK. Bahkan bisa dibilang jauh lebih mahal.

Selain itu, mahasiswa asal luar negeri juga tidak bisa mendapatkan pinjaman kuliah dari pemerintah Inggris.

Adapun biaya kuliah di Oxford bagi mahasiswa asal luar negeri pada 2022 berkisar antara £27.840 pound Britania hingga £39.010 pound Britania atau sekitar Rp 505 juta hingga Rp 708 juta.

Kendati demikian, biaya kuliah tersebut bervariasi sesuai dengan program studi yang dipilih. Untuk melihat program studi di Universitas Oxford, bisa mengakses laman ini.

Baca juga: Biaya Kuliah Unibraw Tahun Ajaran 2022/2023

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com