Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Ganjar dan Anies Masuk Bursa Capres Nasdem

Kompas.com - 18/06/2022, 11:40 WIB
Nur Rohmi Aida,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Jenderal Andika Perkasa menjadi nama yang diusulkan Partai Nasdem untuk menjadi kandidat capres Pemilu 2024.

Hal itu diketahui dari hasil Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Nasdem di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Jumat (17/6/2022).

"Rekomendasi yang ditujukan kepada saya, dengan amanah rakernas ini memutuskan menetapkan rekomendasi nama-nama bakal capres RI yang akan diusung Partai Nasdem pada Pemilu 2024 yang akan datang dari tiga nama. Tiga nama ini adalah pilihan saudara-saudara," kata Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh dikutip dari Kompas.com, Sabtu (18/5/2022).

Surya mengatakan, nama-nama tersebut telah dipilih dengan seksama oleh tim Steering Committee Rakernas Nasdem.

Baca juga: Survei Poltracking Indonesia soal Capres 2024: Ganjar Terkuat, Puan di Urutan 10

Lantas bagaimana respons nama-nama yang diusulkan?

Respons Ganjar dan Anies

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan arahan kepada Pj Bupati Jepara di Kabupaten Jepara, Selasa (31/5/2022)KOMPAS.com/pemprov jateng Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat memberikan arahan kepada Pj Bupati Jepara di Kabupaten Jepara, Selasa (31/5/2022)
Terkait dengan usulan Nasdem tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menegaskan bahwa dirinya adalah kader PDI Perjuangan (PDI-P).

Ganjar menegaskan, tegak lurus dengan arahan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarno Putri.

“Ya semua orang bisa memberikan, kami menghormati partai apa pun, gitu ya, karena saya anggota PDIP tentu keputusan tegak lurus pada Ibu Ketum. Itu sudah menjadi rumus seluruh anggota partai,” ujar Ganjar dikutip dari Kompas.com, Jumat (17/6/2022).

Baca juga: Pilpres 2024, ke Mana Pendukung Jokowi Akan Berlabuh?

Ganjar enggan menanggapi lebih lanjut mengenai adanya dukungan partai lain yang akan mengusungnya sebagai calon presiden.

Menurutnya, pemilu masih jauh dan tugasnya sebagai Gubernur Jawa Tengah masih banyak yang harus diselesaikan.

“Kita masih diminta untuk menyiapkan soal UKM, soal pangan pendamping beras, lebih baik saya mengerjakan dulu tugas saya sebagai Gubernur,” kata Ganjar.

Baca juga: Jadwal Pilpres 2024 dan Pilkada Serentak

Anies bergeming

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pidato dalam Milad ke-20 Partai Keadilan Sejahtera di Istora Senayan, Kompleks GBK, Jakarta, Minggu (29/5/2022).ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyampaikan pidato dalam Milad ke-20 Partai Keadilan Sejahtera di Istora Senayan, Kompleks GBK, Jakarta, Minggu (29/5/2022).
Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bergeming saat ditanya awak media terkait namanya yang masuk dalam bursa capres Nasdem pada Pilpres 2024.

Ia terus berjalan sembari menuju mobilnya.

Anies hanya melemparkan senyum, kemudian mengangkat jempol tangan kanannya.

Dia kemudian meninggalkan lokasi acara Rakernas Jalinan Alumni Timur Tengah Indonesia (JATTI) di Hotel Grand Cempaka, Jakarta Pusat, Jumat (17/6/2022) sore.

Baca juga: Menakar Peluang PDI-P Calonkan Puan pada Pilpres 2024...

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com