Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dirut Pertamina Sebut BBM di Indonesia Masuk yang Termurah di Dunia, Benarkah?

Kompas.com - 10/04/2022, 16:07 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati mengeklaim harga bahan bakar minyak (BBM) di Indonesia termasuk yang paling murah di dunia.

Klaim harga BBM termasuk yang paling murah di dunia tersebut lantaran pemerintah masih memberikan subsidi untuk beberapa jenis BBM.

"(Harga) BBM di Indonesia itu termasuk yang termurah di dunia, dan untuk itu pemerintah mensubsidinya luar biasa besar," ujarnya dalam rapat dengar pendapat bersama Komisi VII DPR RI, Rabu (6/4/2022).

Baca juga: Harga Pertamax Diperkirakan Naik, Ini Perbandingan Harga BBM di Indonesia dengan Thailand, Singapura, dan Malaysia

Nicke mengatakan, pemerintah memberikan subsidi sebesar Rp 7.800 liter untuk jenis Solar dan Rp 4.000-Rp 4.500 per liter untuk Pertalite.

Ia membandingkan, harga BBM RON 92 atau setara Pertamax di Indonesia hanya Rp 12.500 per liter, jauh lebih murah dari Inggris yang mencapai Rp 44.500 per liter.

Menurutnya, Pertamina sebisa mungkin akan menjaga harga BBM agar terjangkau bagi masyarakat. Tapi, penyesuaian harga tak bisa dihindari apabila harga minyak dunia melonjak.

Baca juga: Mengapa Tak Ada Premium di Rincian Harga BBM Terbaru? Ini Penjelasan Pertamina

Lantas, benarkah harga BBM di Indonesia termasuk yang paling murah di dunia?

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com