Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rangkaian Acara Kemah Presiden Gubernur di IKN dan Link Streamingnya

Kompas.com - 14/03/2022, 11:00 WIB
Nur Fitriatus Shalihah,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Prosesi Kemah Presiden di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur dilakukan mulai Senin (14/3/2022) hingga Selasa (15/3/2022).

Presiden Joko Widodo berkunjung ke Kawasan Titik Nol Kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai Senin pagi dan melakukan berbagai kegiatan.

Apa saja kegiatannya?

Baca juga: Serba-serbi Kemah Presiden Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara

1. Kendi Nusantara

Dilansir dari laman Sekretariat Presiden RI, Minggu (13/3/2022), acara pertama yang dilakukan presiden adalah prosesi menuangkan tanah dan air dari 34 provinsi di Indonesia.

Tanah dan air itu dibawa oleh para gubernur. Presiden yang langsung menuangkannya ke dalam sebuah gentong (Kendi Nusantara) yang telah dipersiapkan.

“Pertama adalah Bapak Presiden berangkat dari Balikpapan menuju ke IKN itu pada pagi hari di hari Senin. Selanjutnya kegiatan bersama para gubernur akan melakukan sebuah prosesi kegiatan di mana tentunya kita sebagai orang timur meminta doa, memanjatkan doa, dan menjunjung kearifan lokal di Kalimantan Timur ini,” kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono.

Adapun maksud dari penuangan tanah dan air itu, menurut Heru, adalah bentuk simbolis dari penyatuan karifan lokal Nusantara dari Aceh sampai Papua.

“Kenapa tanah dan air? Tentunya adalah kita adalah negara Nusantara yang dari ujung Aceh sampai Papua dan kearifan lokal itu berbeda-beda, dituangkan di dalam sebuah simbolis tanah dan simbolis air dijadikan satu menjadi kalimat Tanah Air. Kira-kira seperti itu," ujar Heru.

Baca juga: Link Live Streaming Kegiatan Kemah Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara

2. Penanaman pohon bersama

Setelah itu presiden bersama para gubernur akan mengikuti kegiatan penanaman pohon bersama.

Semua pihak yang terlibat dalam penanaman pohon akan menanam pohon yang berbeda-beda.

“Kami dari Sekretariat Presiden bersama dengan Kementerian PU, Kementerian Lingkungan Hidup mempersiapkan pohon-pohon yang akan ditanam oleh seluruh gubernur bersama Bapak Presiden,” imbuh Heru.

Adapun lokasi penanaman pohon tidak jauh dari titik nol kilometer. Dalam kesempatan tersebut, setiap gubernur akan menanam pohon khas daerahnya masing-masing.

Baca juga: Nasib Pembiayaan Ibu Kota Baru Pasca-mundurnya SoftBank dari Proyek IKN

3. Kemah

Sebagaimana diberitakan Kompas.com, Senin (14/3/2022), presiden akan menginap di titik nol IKN pada Selasa (15/3/2022).

"Pada Selasa, beliau akan menginap bersama unsur masyarakat, ada beberapa tokoh yang diundang dan Gubernur Kalimantan Timur. Tidak lupa Pangdam dan Kapolda akan mendampingi beliau," tutur Heru.

Heru mengungkapkan, selama kegiatan menginap di IKN, tenda yang digunakan presiden sederhana. Namun, tetap akan diatur agar tidak mengurangi keamanan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com