Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Jaya Suprana
Pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan

Penulis adalah pendiri Sanggar Pemelajaran Kemanusiaan.

Diskriminasi Tidak Selalu Buruk

Kompas.com - 24/02/2022, 20:14 WIB
Anda bisa menjadi kolumnis !
Kriteria (salah satu): akademisi, pekerja profesional atau praktisi di bidangnya, pengamat atau pemerhati isu-isu strategis, ahli/pakar di bidang tertentu, budayawan/seniman, aktivis organisasi nonpemerintah, tokoh masyarakat, pekerja di institusi pemerintah maupun swasta, mahasiswa S2 dan S3. Cara daftar baca di sini

TERMINOLOGIdiskriminasi” sudah melazimkan diri sebagai sebuah istilah bersifat negatif bahkan destruktif.

Diskriminasi ras telah nyata terbukti pada lembaran sejarah peradaban manusia berdampak destruktif mulai dari konflik sosial sampai perang yang secara bengis membinasakan jutaan manusia akibat diskriminasi ras seperti yang dilakukan oleh Adolf Hitler terhadap kaum Yahudi, kekejaman kekhalifahan Ottoman terhadap warga Armenia atau kebengisan Westerling terhadap warga Sulawesi.

Perang Saudara Amerika Serikat 1861-1865 berkobar akibat diskriminasi ras terhadap masyarakat kulit hitam yang diculik dari Afrika ke Amerika sebagai budak yang dipaksa bekerja di kebun kapas dan tembakau.

Diskriminasi

Namun sebenarnya inti nilai makna diskriminasi bersuasana kognitif, maka sepenuhnya nisbi tergantung bagaimana dan untuk tujuan apa sikap dan perilaku diskriminatif diejawantahkan.

Sifat diskriminatif menjadi negatif apabila dilakukan untuk tujuan negatif, apalagi destruktif. Namun sifat diskriminasi menjadi positif apabila dilakukan untuk tujuan positif, apalagi konstruktif.

Maka bentuk diskriminasi gender ketika kapal tenggelam di mana yang lebih diutamakan untuk diselamatkan adalah kaum perempuan ketimbang kaum lelaki jelas merupakan diskriminasi positif konstruktif.

Diskriminasi fasilitas parkir dan jalur jalan yang hanya disediakan khusus bagi kaum difabilitas jelas merupakan diskriminasi positif konstruktif.

Diskriminasi usia demi mengutamakan dan menghormati kaum lansia jelas merupakan sikap dan perilaku diskriminasi positif konstruktif.

Diskriminasi usia demi melindungi keselamatan dan keamanan anak-anak jelas merupakan sikap dan perilaku diskriminasi positif konstruktif.

Akibat bangsa Jerman terbebani rasa bersalah atas perilaku diskriminatif Hitler terhadap kaum Yahudi, maka ketika belajar dan mengajar di Jerman saya diperlakukan secara diskriminatif lebih positif dan konstruktif ketimbang para warga Jerman sendiri.

Pancasila

Diskriminasi pajak penghasilan yang memberikan beban prosentasi lebih besar terhadap wajib pajak berpenghasilan lebih besar jelas merupakan sikap dan perilaku diskriminasi positif konstruktif.

Ambang batas wajib pajak yang membebaskan rakyat berpenghasilan rendah dari kewajiban membayar pajak menjunjung tinggi makna adi lihur yang terkandung di dalam sila terakhir Pancasila, yaitu Keadilan Sosial Untuk Seluruh Rakyaf Indonesia.

Diskriminasi hak atas tanah yang diberikan bagi masyarakat adat secara lebih utama ketimbang masyarakat pendatang maupun hak atas tanah yang diberikan kepada rakyat miskin yang sudah terlebih dahulu bermukim di kawasan yang digusur atas nama pembangunan infrastruktur termasuk pembangunan ibu kota baru jelas merupakan sikap dan perilaku diskiriminasi positif konstruktif sesuai makna adiluhur terkandung di dalam sila Kemanudiaan Yang Adil dan Beradab. MERDEKA!

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com