Kompas.com - 24/02/2022, 20:00 WIB

KOMPAS.com – Pasukan Angkatan Darat Rusia telah menyerang Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Hal tersebut terjadi beberapa jam usai Presien Rusia Vladimir Putin memerintahkan dilakukannya invasi Donbas di Ukraina Timur.

Terkait adanya serangan Rusia ke Ukraina, sejumlah negara memberikan respons, termasuk Indonesia.

Berikut ini respons dari berbagai negara terhadap serangan Rusia:

Baca juga: Ukraina Trending di Twitter, Ini Alasan Rusia Lancarkan Perang

1. Perancis

Dikutip dari CNN, Kamis (24/2/2022), Presiden Perancis Emmanuel Macron mengatakan bahwa Rusia harus segera mengakhiri operasi militer di Ukraina.

“Perancis mengecam keras keputusan Rusia untuk mengobarkan perang terhadap Ukraina. Rusia harus segera mengakhiri operasi militernya,” ujar Macron dikutip dari laman CNN.

Ia menyebut Perancis berdiri dalam solidaritas dengan Ukraina. Pihaknya juga mendukung Ukraina sebagai sekutu dan mendukung untuk diakhirinya perang.

Presiden Perancis telah berbicara dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada Kamis pagi.

Dalam komunikasi tersebutt, Zelensky meminta sejumlah intervensi untuk mendukung Ukraina.

2. Estonia

Tangkap layar ruang udara Ukraina yang kosong saat pesawat menghentikan penerbangan dan Ukraina dinyatakan sebagai zona konflik dilansir Flightradar24 pada Kamis (24/2/2022).via FLIGHTRADAR24 Tangkap layar ruang udara Ukraina yang kosong saat pesawat menghentikan penerbangan dan Ukraina dinyatakan sebagai zona konflik dilansir Flightradar24 pada Kamis (24/2/2022).
Sejumlah negara anggota NATO yakni Polandia, Estonia, Latvia dan Lituania membahas mengenai masalah keamanan mereka akibat serangan Rusia.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.