Kompas.com - 24/02/2022, 15:30 WIB

KOMPAS.com – Sejumlah negara tengah mempersiapkan skenario untuk mengakhir masa pandemi Covid-19 dan beralih ke periode endemi.

Bahkan beberapa negara di Eropa, Amerika Serikat, dan sebagian di Asia mulai melonggarkan aturan protokol kesehatan dan mendeklarasikan telah mengakhiri pandemi.

Indonesia, melalui keterangan yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, pemerintah juga tengah menyiapkan skenario transisi pandemi ke endemi.

Pernyataan tersebut disampaikannya pada konferensi pers evaluasi PPKM secara daring pada Senin (21/2/2022).

Lantas, jika pandemi Covid-19 beralih menjadi endemi, apakah pola perilaku masyarakat saat ini akan berubah?

Baca juga: Benarkah Covid-19 Akan Menjadi Endemi? Ini Penjelasan Epidemiolog

Penjelasan epidemiolog

Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, transisi dari masa pandemi ke endemi tidak bisa dihindarkan.

Fakta ilmiah menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 akan menjadi endemi, di mana virus Corona akan terus ada dan hidup berdampingan dengan manusia.

Hal serupa juga disampaikan oleh Rochelle Walensky, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat.

Ia mengungkapkan bahwa Covid-19 berpotensi menjadi penyakit endemi seperti influenza yang lebih dulu menyerang masyarakat Bumi.

"Kami memiliki banyak penyakit yang endemi, influenza menjadi salah satunya, yang menyebabkan tantangan kecil dari tahun ke tahun yang bisa kami tangani dan atasi. Dan itu mungkin yang terjadi dengan Covid-19," ujar Walensky, dikutip dari The Washington Post, (20/2/2022).

Kendati demikian, para ahli mengatakan, ketika Covid-19 telah menjadi endemi, pola perilaku masyarakat tidak akan dapat kembali ke kehidupan layaknya sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Pasalnya, ketika beralih ke fase endemi, bukan lantas virus Corona sudah dan akan menghilang pergi.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.