Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Transisi Pandemi ke Endemi, dari Serangan Malaria hingga Corona

Kompas.com - 24/02/2022, 15:30 WIB
Alinda Hardiantoro,
Inten Esti Pratiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Sejumlah negara tengah mempersiapkan skenario untuk mengakhir masa pandemi Covid-19 dan beralih ke periode endemi.

Bahkan beberapa negara di Eropa, Amerika Serikat, dan sebagian di Asia mulai melonggarkan aturan protokol kesehatan dan mendeklarasikan telah mengakhiri pandemi.

Indonesia, melalui keterangan yang disampaikan oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, pemerintah juga tengah menyiapkan skenario transisi pandemi ke endemi.

Pernyataan tersebut disampaikannya pada konferensi pers evaluasi PPKM secara daring pada Senin (21/2/2022).

Lantas, jika pandemi Covid-19 beralih menjadi endemi, apakah pola perilaku masyarakat saat ini akan berubah?

Baca juga: Benarkah Covid-19 Akan Menjadi Endemi? Ini Penjelasan Epidemiolog

Penjelasan epidemiolog

Epidemiolog Griffith University Australia Dicky Budiman mengatakan, transisi dari masa pandemi ke endemi tidak bisa dihindarkan.

Fakta ilmiah menyebutkan bahwa pandemi Covid-19 akan menjadi endemi, di mana virus Corona akan terus ada dan hidup berdampingan dengan manusia.

Hal serupa juga disampaikan oleh Rochelle Walensky, Direktur Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat.

Ia mengungkapkan bahwa Covid-19 berpotensi menjadi penyakit endemi seperti influenza yang lebih dulu menyerang masyarakat Bumi.

"Kami memiliki banyak penyakit yang endemi, influenza menjadi salah satunya, yang menyebabkan tantangan kecil dari tahun ke tahun yang bisa kami tangani dan atasi. Dan itu mungkin yang terjadi dengan Covid-19," ujar Walensky, dikutip dari The Washington Post, (20/2/2022).

Kendati demikian, para ahli mengatakan, ketika Covid-19 telah menjadi endemi, pola perilaku masyarakat tidak akan dapat kembali ke kehidupan layaknya sebelum pandemi Covid-19 terjadi.

Pasalnya, ketika beralih ke fase endemi, bukan lantas virus Corona sudah dan akan menghilang pergi.

"Akhir pandemi tidak berarti bahwa virus itu hilang," kata William Schaffner, Direktur medis National Foundation for Infectious Diseases.

Selain itu, keberhasilan masa transisi pandemi Covid-19 menjadi endemi ini bukan hal yang remeh. Pola perilaku masyakat terutama kesehatan manusia, hewan, alam, hingga lingkungan di sekitar sangat berpengaruh.

Baca juga: Apa yang Berubah dalam Hidup Kita jika Covid-19 Jadi Endemi?

Perubahan pola perilaku masyarakat

Pola perilaku masyarakat mengalami perubahan yang sangat besar dari sebelum masa pandemi ke masa pandemi. Misalnya saja soal personal hygene yang meningkat tinggi. Nah nantinya di masa endemi pun, personal hygene ini masih harus terus diterapkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com