Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Membangun Rumah Tingkat, Apa Saja yang Perlu Dipersiapkan?

Kompas.com - 24/02/2022, 16:05 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang, mendirikan rumah tingkat bertujuan untuk menambah ruangan atau space ruang sesuai fungsinya.

Rumah akan terlihat lebih besar dan lebih lengang dalam menyimpan barang-barang.

Namun, sebelum mendirikan atau membangun rumah tingkat, apa saja hal yang perlu diperhatikan?

Ada rencana untuk menambah ruangan ke depannya

Dosen Departemen Teknik Sipil dan Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Ashar Saputra mengatakan bahwa sebelum membangun rumah tingkat perlu dimantapkan atau dipersiapkan jika ingin menambah ruang.

Menurutnya, rumah akan cenderung ditingkat jika pemilik memiliki rumah dengan tipe 40-60.

"Menurut saya, untuk bangunan 40/60, bisa dibuat untuk 2 kamar tidur, ruang keluarga, dapur kecil, dan kamar mandi standar. Sebaiknya ada carport kecil pada lahan yang tersedia," ujar Ashar kepada Kompas.com, Rabu (23/2/2022).

"Diharapkan konstruksi rumah memang disiapkan untuk pengembangan ke depan, dengan menjadikan rumah 2 lantai," lanjut dia.

Baca juga: Mengenali Struktur dan Pondasi Bangunan Tahan Gempa, seperti Apa?

Alasan berencana ingin memiliki anak

Ashar menambahkan, pemilik rumah tipe 40/60 biasanya cocok dihuni untuk keluarga muda, yang baru membangun rumah tangga, dengan tingkat penghasilan yang sesuai.

Ia menambahkan, keluarga muda biasanya belum memerlukan kebutuhan ruang yang lebih banyak karena tambahan anggota keluarga atau keperluan fungsi ruang kerja atau kamar yang lebih banyak.

Pondasi rumah dipersiapkan untuk bangunan 2 lantai

Persiapan lain bagi orang yang akan membangun atau mendirikan rumah tingkat yakni elemen-elemen dalam pembangunan rumah atau struktur bangunan.

Kunci utamanya adalah pondasi rumah. Karena, dengan pondasi yang siap dan mampu menopang berat rumah berlantai 2, maka rumah bisa tahan lama dan aman untuk dihuni.

"Kalau untuk mempersipakan penambahan ruangan dengan membuat menjadi 2 lantai, maka fondasi dan elemen balok-kolomnya sudah dipersiapkan untuk adanya tambahan ruang secara vertikal," ujar Ashar.

Apabila Anda memutuskan untuk membangun rumah di perumahan, maka Anda bisa konsultasikan persiapan pondasi untuk bangunan bertingkat kepada developer.

"Iya, idealnya disampaikan ke developer. Sekarang sudah banyak developer yang menawarkan konsep ini, artinya rumah 1 lantai namun siap dikembangkan menjadi 2 lantai," imbuhnya.

Baca juga: Pengobatan untuk Meringankan Gejala Omicron Sewaktu Isoman di Rumah

Keuntungan memiliki rumah tingkat

Ilustrasi rumah - Tampilan desain teras rumah minimalis.SHUTTERSTOCK / AnnaTamila Ilustrasi rumah - Tampilan desain teras rumah minimalis.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com