Kompas.com - 24/02/2022, 14:51 WIB

KOMPAS.com - Presiden Rusia Vladimir Putin telah mengizinkan operasi militer khusus di wilayah Ukraina pada Kamis (24/2/2022).

Hal ini menandai dimulai serangan pasukan Rusia ke wilayah Ukraina.

Akibat operasi militer Rusia di Ukraina, kata kunci atau keyword soal Ukraina sempat menduduki peringkat pertama trending topic Twitter di Indonesia dengan lebih dari 161.000 twit hingga Kamis (24/2/2022) pukul 14.30 WIB.

Dari pantauan Kompas.com, kata kunci tersebut digunakan warganet untuk mengungkapkan keprihatinan yang terjadi di Ukraina.

Baca juga: Hubungan AS-Rusia Memanas, Begini Perbandingan Militer Keduanya

Baca juga: Mengenal Vaksin Sputnik V Buatan Rusia yang Dapat Izin Penggunaan Darurat BPOM

Alasan Rusia menyerang Ukraina

Dilansir dari Kompas.com (24/2/2022), dalam pidato yang disiarkan di TV Pemerintah Rusia, Putin mengatakan Rusia tidak punya pilihan selain mempertahankan diri dari ancaman Ukraina modern.

Rusia akan merespons jika ada kekuatan eksternal yang mencoba mengganggu dan akan mencoba melakukan demiliterisasi serta menghilangkan pengaruh Nazi di Ukraina.

"Rusia tidak bisa merasa aman, berkembang, dan eksis dengan ancaman konstan yang berasal dari wilayah Ukraina modern," ucap Putin.

Baca juga: Profil Yuri Gagarin, Kosmonot yang Patungnya Jadi Simbol Persahabatan Indonesia-Rusia

Pernyataan itu muncul setelah Amerika Serikat mengatakan bahwa Rusia menempatkan 150.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina. Dan juga separatis yang didukung Rusia meminta bantuan militer kepada Putin.

Separatis pro Rusia di Ukraina meminta bantuan militer untuk melawan apa yang meraka katakan sebagai agresi Ukraina yang berkembang. Namun, Kiev membantas agresi semacam itu.

"Semua tanggung jawab atas pertumpahan darah akan berada pada hati nurani rezim yang berkuasa di Ukraina," kata Putin kepada TV pemerintah.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.