Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aspal Sirkuit Mandalika Disorot Media Asing dan Dikeluhkan Pembalap MotoGP, Ini Penjelasan Pengelola

Kompas.com - 15/02/2022, 19:45 WIB
Taufieq Renaldi Arfiansyah,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero)/Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memberikan penjelasan terkait kondisi lintasan Sirkuit Mandalika setelah tes pramusim MotoGP dilakukan.

Beberapa pembalap MotoGP yang melakukan tes pramusim pada tanggal 11-13 Februari 2022 sebelumnya mengeluhkan kondisi lintasan terdapat banyak batu kerikil.

Batu kerikil yang berterbangan dinilai dapat membahayakan pembalap yang sedang melaju di belakang pembalap lain.

Sementara pada Maret 2022 Sirkuit Mandalika akan dilaksanakan event Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP).

Baca juga: Saat Aspal dan Trek Sirkuit Mandalika Disorot Media Asing...

Penjelasan pengelola Sirkuit Mandalika

Direktur Utama ITDC Abdulbar M. Mansoer menyatakan telah berkoordinasi dengan Fédération Internationale de Motocyclisme (FIM) guna memastikan kondisi lintasan dalam keadaan bersih saat akan dilakukan pada Maret mendatang.

“Kami telah berkoordinasi dengan FIM terkait kebutuhan sejumlah pembenahan dan penyempurnaan di main track sirkuit. FIM telah menerima rencana kerja kami dalam peningkatan kualitas sirkuit tersebut," tulis Abdulbar dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Selasa (15/2/2022).

Pihak pelaksana akan melakukan pembersihan lintasan dengan pembersi track "Track Jet Truck” yang dapat menyemprotkan air untuk membersihkan area-area tertentu.

Selain itu tidak menutup kemungkinan ITDC Group akan menambah kebutuhan alat untuk membersihkan lintasan Sirkuit Mandalika. 

Catatan Sirkuit Mandalika dalam official test

Sementara itu Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria mengatakan pihaknya telah berkomitmen untuk melakukan penyempurnaan berdasarkan sejumlah cacatan dalam penyelenggaraan Official Test.

Pihaknya sudah berdiskusi dengan Dorna Sport dan FIM untuk memastikan persiapan baik dari sisi sirkuit dan fasilitas pendukung agar dapat memenuhi standar yang diharapkan.

“Kami berkomitmen untuk melakukan penyempurnaan berdasarkan catatan tersebut," kata Priandhi.

Melansir Kompas.com, jurnalis asal Inggris menulis sejumlah laporan terkait kondisi Sirkuit Mandalika seusai tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari.

Simon Patterson menuliskan artikel di the-race.com pada Senin (14/2/2022), menjelaskan tentang masalah besar yang terdapat pada sirkuit Mandalika yang berkaitan dengan keselamatan pembalap.

Baca juga: 4 Arti Warna Status Kode QR PeduliLindungi Terbaru

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com