Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berapa Lama Manusia Bisa Bertahan Hidup Tanpa Minum? Ini Kata Ilmuwan

Kompas.com - 04/09/2021, 20:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Air adalah sumber kehidupan. Muncul kalimat ini lantaran tubuh manusia sebagian besar terdiri dari cairan, dan manusia tak akan bisa bertahan hidup tanpa air atau cairan.

Namun soal berapa lama manusia bisa bertahan hidup tanpa air, masih menjadi perdebatan terus-menerus di kalangan ilmuwan.

Dilansir dari Live Science, perkiraan kasar manusia bisa bertahan hidup tanpa minum adalah sekitar dua hari hingga satu minggu lamanya.

Di rentang itu, seseorang bisa lebih cepat memburuk dibanding manusia lainnya. Lama pertahanan diri bertahan tanpa minum ini dipengaruhi oleh banyak faktor.

Baca juga: Cuaca Panas Bikin Dehidrasi? Begini Cara Mengatasinya

Berbagai faktor yang memengaruhi

Ilustrasi air putihYSedova Ilustrasi air putih
Usia tentu saja memegang peranan penting di sini. Para lansia dan anak-anak adalah yang paling rentan tak bisa bertahan hidup lama tanpa minum atau air.

Hal ini lantaran sistem metabolisme anak-anak belum berkembang sempurna, dan para lansia biasanya sudah dicemari dengan berbagai penyakit kronis yang butuh asupan air lebih banyak.

Orang dengan penyakit kronis, memang tak akan bisa bertahan lama tanpa cairan. Dehidrasi di kala sudah ada penyakit bawaan yang mendera akan membuat kondisi tubuh menjadi jauh lebih lemah.

Selain itu, faktor cuaca juga memengaruhi ketahanan seseorang tanpa cairan. Di suhu panas, tentu saja bahaya dehidrasi lebih tinggi, sehingga seseorang tak akan bisa bertahan tanpa minuman dalam hitungan hari.

Baca juga: Penelitian Terbaru: Cegah Penuaan Dini dengan Arbei

Randall Packer, ahli biologi di George Washington University Amerika Serikat, memaparkan bahwa manusia dewasa yang berada di suhu panas akan kehilangan cairan tubuhnya sebanyak 1 hingga 1,5 liter setiap jamnya.

Lebih lanjut dikatakan, anak yang ditinggal di dalam mobil di bawah sengatan matahari tanpa minum, atau atlit yang berolahraga di suhu panas tanpa imbangan asupan cairan, akan bisa dehidrasi dan meninggal dalam hitungan jam saja.

Baca juga: Dehidrasi Akibat Cuaca Panas, Awas Hindari Minuman Jenis Ini

Proses dari dehidrasi ke kematian

Ketika seseorang dehidrasi, ia akan merasakan sakit di sekujur tubuhnya. Hal ini lantaran ketika dehidrasi karena suhu panas, seseorang biasanya juga akan mengalami over heating di dalam tubuhnya.

ilustrasi dehidrasishutterstock/fizkes ilustrasi dehidrasi
Pemanasan suhu di dalam tubuh, akan membuat organ semakin kekurangan cairan. Ketika dehidrasi tak tertangani dengan cepat, maka kematian akan menunggu di depan mata.

Lantas kesimpulannya, berapa lama kah manusia bisa bertahan tanpa minum? Jawabannya adalah seperti yang tertera di National Health Service Guidline 2009 yang dimiliki negara Inggris.

Yaitu kematian bisa menjemput seseorang jika ia telah kehilangan 10 persen dari berat badan tubuhnya karena kehilangan cairan tubuh.

Mengingat dalam satu jam seseorang bisa kehilangan cairan tubuh sebanyak 1 liter, maka proses kematian tak akan menunggu lama hingga satu minggu.

Baca juga: Terbangun Tengah Malam dan Kelaparan? Ini Camilan yang Aman untuk Tubuh

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com