Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

INFOGRAFIK: Apa Itu Virus Joker?

Kompas.com - 30/08/2021, 20:30 WIB
Akbar Bhayu Tamtomo,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Periset dari Quick Heal Security Labs menemukan setidaknya ada delapan aplikasi yang ada di Google Play Store disusupi virus Joker.

Padahal selama ini Google Play Store dikenal dengan penyaringan keamanannya yang ketat untuk setiap aplikasi yang diunggah di platform tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, 22 Juni 2021, Joker secara diam-diam akan membuat korban berlangganan layanan premium berbayar tanpa sepengetahuan korbannya.

Virus Joker ini disebut-sebut lihai dalam menemukan celah keamanan guna menyelinap ke Play Store setiap beberapa bulan sekali dengan mengubah kode, metode eksekusi atau dengan teknik payload-retrieving.

Tim Peneliti Quick Heal Security Labs menjelaskan bahwa Joker adalah spyware trojan yang mencuri data dari perangkat korban seperti SMS, daftar kontak dan info perangkat.

Setidaknya ada 8 aplikasi yang disorot oleh Quick Heal karena mengandung virus Joker. Aplikasi tersebut telah dihapus dari Google Play Store saat ini, namun sejumlah pengguna mungkin masih menyimpan di perangkatnya.

Apa itu Virus Joker dan bahayanya? Simak dalam infografik berikut ini:

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Apa itu Virus Joker?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com