Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal 4 Warna Paspor dan Arti yang Terkandung di Dalamnya

Kompas.com - 20/03/2021, 13:10 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Buku paspor di seluruh dunia berbeda-beda warna sampulnya. Ada yang berwarna hijau, merah, hitam juga biru.

Warna ini bukan tak memiliki arti. Masing-masing warna merepresentasikan berbagai makna yang kemudian dipilih oleh negara-negara yang ada.

Dalam Business Insider dijelaskan oleh Hrant Boghossian, Vice President of Marketing Passport Index, bahwa paspor pada umumnya berwarna merah, biru, hijau juga hitam. 

Satu varian warna sendiri bisa hadir dalam berbagai gradasi. Seperti merahnya Singapura yang cenderung bergradasi oranye yang berbeda jauh dengan paspor negara Uni Eropa yang merah burgundy.

Warna paspor ini dipengaruhi oleh berbagai faktor. Mulai kondisi geografis suatu negara, latar belakang mayoritas agama, juga kondisi politik yang ada.

Warna sampul tak bisa menjadi barometer kesetaraan kekuatan dari paspor yang ada.

Sebagai contoh Amerika dan Suriah yang sama-sama bersampul warna biru. Namun paspor Suriah tak sekuat paspor Amerika, dimana ia hanya bisa masuk ke 32 negara saja tanpa visa.

Baca juga: Biaya dan Dokumen yang Harus Disiapkan untuk Membuat Paspor

Sampul merah

Sampul paspor warna merah atau burgundy digunakan oleh negara-negara Uni Eropa (UE) dan beberapa negara yang tertarik tergabung di dalamnya seperti Turki.

Ada pula beberapa negara di Amerika Selatan seperti Bolivia, Ekuador dan Peru yang juga memilih menggunakan sampul bernuansa merah.

"Warna merah banyak dipilih oleh negara-negara yang punya sejarah komunis di masa lalu," begitu papar Boghossian.

Sampul biru      

Negara-negara yang masuk dalam kategori "Dunia Baru" banyak yang memilih gradasi warna biru sebagai sampul buku paspornya. Misalnya Amerika Serikat, Amerika Tengah dan Selatan, Kanada, Hongkong dan sejumlah negara di Afrika.

Biru memang menjadi simbol "Dunia Baru". Meski pada pengaplikasiannya, warna biru ini hadir dalam beragam gradasi warna.

Amerika, adalah negara yang cukup sering berganti warna sampul paspor. Awalnya adalah merah, kemudian hijau, burgundy, dan kini biru.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Paspor Anak?

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com