Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Aplikasi untuk Mereka yang Berkebutuhan Khusus

Kompas.com - 20/03/2021, 10:30 WIB
Inten Esti Pratiwi

Penulis

KOMPAS.com - Tak selamanya gadget membawa pengaruh buruk terhadap tumbuh kembang anak. Asal rambu-rambu terus ditegaskan, gadget bisa bermanfaat juga untuk anak. Termasuk, anak-anak berkebutuhan khusus.

Berbagai kemajuan teknologi telah mempermudah hidup manusia. Dalam gawai sendiri, kini semakin bertumbuhan aplikasi-aplikasi yang membantu aktivitas keseharian para pemakainya. Termasuk, aplikasi untuk mereka yang berkebutuhan khusus. 

Beberapa teknologi aplikasi ini bisa membantu anak autis mengembangkan kemampuannya berbicara dan berkomunikasi. Ada pula aplikasi-aplikasi yang membantu tuna netra untuk bisa memahami berbagai hal yang tak bisa mereka jangkau.

Baca juga: Aplikasi Belajar Daring Ini Siapkan Bekal bagi Siswa Jalani UTBK

1. Language Therapy for Children with Autism (MITA)

Aplikasi ini ada di iOS dan android. Autism therapy with MITA adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu proses belajar anak-anak dengan autis menggunakan metode pivotal response treatment.

MITA sendiri adalah singkatan dari Mental Imagery Therapy for Autism. Pembelajaran dengan MITA menggunakan metode permainan seperti puzzle. Dengan mencocokkan warna misalnya, anak bisa meningkatkan kemampuan bahasa juga visualnya.

2. Spokle

Aplikasi ini juga tersedia di iOS dan android. Aplikasi ini bisa digunakan orang tua untuk melakukan terapi wicara kepada anak-anaknya yang menderita gangguan autis dan gangguan perkembangan bahasa.

Spokle adalah platform asal Australia. Karena mendapat respon bagus dari pengguna gawai, platform ini kini sudah bekerja sama dengan dengan sejumlah sekolah inklusi di Indonesia.

Beberapa pengguna meninggalkan review yang positif. Yang menyatakan bahwa aplikasi ini sangat membantu orang tua dalam menghadapi anak di masa pandemi.

Beberapa keuntungan yang bisa didapat dari aplikasi ini adalah, orang tua akan mendapatkan 400 video tutorial yang dikembangkan oleh terapis, grafik untuk mencatat perkembangan anak, dan berbagai gim menyenangkan yang bisa dimainkan bersama anak.

Baca juga: Jangan Abaikan Anak Autis, Lakukan Diagnosa Dini dan Gali Potensinya

3. Be My Eyes

Aplikasi untuk membantu tuna netra dan orang dengan gangguan penglihatan ini tersedia di android.

Be My Eyes terintegrasi dengan ribuan sukarelawan yang mau membantu orang-orang berkebutuhan khusus agar bisa lebih jelas "melihat" dunia. 

Seperti dilansir Goodnet, aplikasi ini tersedia dalam 185 bahasa dan dibuat untuk membantu orang-orang dalam menjalani aktivitas kesehariannya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com