Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indira Kalistha Sebut Introvert, Ini Beda Introvert dengan Ekstrovert

Kompas.com - 17/05/2020, 18:38 WIB
Jawahir Gustav Rizal,
Virdita Rizki Ratriani

Tim Redaksi

Sumber Kompas.com

KOMPAS.com - Beauty vlogger Indira Kalistha mengaku bahwa kesalahannya dalam membuat pernyataan dalam vlog bersama Gritte Agatha disebabkan oleh kegugupannya sebagai seorang introvert.

Pengakuan itu ia sampaikan saat menjawab pertanyaan dari Deddy Corbuzier soal penyebab dia mengeluarkan pernyataan yang meremehkan protokol kesehatan di tengah pandemi virus corona.

"Sebenarnya itu gara-gara enggak pernah collabs yang ngobrol-ngobrol serius kayak begitu. Bahkan aku yang collabs ketawa-ketawa aja itu deg-degan banget, karena aku sebenarnya orangnya introvert," kata Indira di video podcast Deddy seperti dikutip Kompas.com, Minggu (17/5/2020).

"Karena aku tahu aku orangnya kadang-kadang ngomong dulu baru mikir," ujar perempuan kelahiran 26 Februari 1995 tersebut.

Pernyataan Indira menuai reaksi dari warganet.

Baca juga: Aa Utap: Ponsel Indira Kalistha Gue Sita, Supaya Enggak Makin Kacau

Ramai di Twitter

Di Twitter, 'Introvert' menjadi trending topic yang ramai diperbincangkan oleh warganet Indonesia. Warganet juga membuat parodi dari pernyataan Indira dengan berbagai macam tweet.

Seperti tweet dari akun @andihidayat: Aku tuh orangnya introvert, suka punya perasaan duluan baru mikir.

Ada pula tweet bernada serupa dari akun @NUgarislucu: Aku tuh orangnya introvert. Jadi suka ngetweet dulu baru mikir. :D

Ada pula cuitan bijak dari akun @beliotak: So, buat introvert di luar sana, including myself: Kita bukan produk gagal. Ga ada yg salah dgn jadi introvert. We find peace in solitude. We tend to cherish the deepest meaning of anything. We'd like to think and be loud in our own minds.

And there is nothing wrong with that.

Lantas, seperti apa tipe kepribadian introvert?

Baca juga: Suami Indira Kalistha: Bini Gue Ngablu, sejak Kapan Kita Keluar?

Penjelasan psikolog tentang kepribadian introvert

Dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi meluruskan bahwa kesalahan dalam membuat pernyataan di depan publik tidak ada hubungannya dengan tipe kepribadian introvert maupun ekstrovert.

"Tapi lebih dimungkinkan karena dia analisanya yang salah. Dia tidak menyukai aturan-aturan seperti itu atau tidak merasa nyaman dengan aturan-aturan tersebut, bisa juga karena kemampuan komunikasinya yang kurang," kata Rose Mini yang biasa disapa Romy saat dihubungi Kompas.com (17/5/2020).

Romy juga menjelaskan bahwa introvert adalah tipe kepribadian yang dimiliki seseorang yang energinya lebih terfokus kepada hal-hal yang ada dalam dirinya.\

Baca juga: Bicara Tak Pakai Masker, Indira Kalistha Beralasan Deg-degan dan Introvert

Sementara itu, tipe kepribadian ekstrovert adalah orang yang sumber energinya berasal dari luar dan dia terfokus pada apa yang terjadi di lingkungan dan di luar dirinya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com