Kompas.com - 17/05/2020, 17:23 WIB
Penjual bawang merah di Pasar Segiri Samarinda, Kaltim, saat menjual bawang merah kepada pembeli, Kamis (14/5/2020). KOMPAS.com/ZAKARIAS DEMON DATONPenjual bawang merah di Pasar Segiri Samarinda, Kaltim, saat menjual bawang merah kepada pembeli, Kamis (14/5/2020).

Sejak dua minggu terakhir harga komoditas cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat melonjak drastis. Harganya saat ini dikisaran Rp90 ribu per kilogramKOMPAS.COM/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Sejak dua minggu terakhir harga komoditas cabai di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat melonjak drastis. Harganya saat ini dikisaran Rp90 ribu per kilogram

KOMPAS.com - Harga sejumlah bahan pangan diketahui masih cukup tinggi hingga menjelang seminggu terakhir bulan Ramadhan 1441 H. 

Sebelumnya, pemerintah sudah membuka keran impor untuk beberapa komoditas pangan untuk mengendalikan harga komoditas tersebut.

Mengutip Kontan, 14 Mei 2020, Ketua Umum Ikatan Pedagang Pasar Tradisional (Ikappi) mengakui bahwa sejumlah komoditas pangan seperti bawang merah masih memiliki harga yang relatif tinggi.

Lantas harga pangan apa saja yang mengalami kenaikan? 

Baca juga: Antisipasi Kenaikan Harga Pangan, Sejumlah Daerah Gelar Penanaman Serentak

Harga bawang merah

Melansir laman Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional, harga bawang merah di pasar tradisional hingga 15 Mei 2020 adalah Rp 52.300 per kilogram.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Harga dari komoditas ini mengalami tren kenaikan dalam seminggu terakhir dengan jumlah kenaikan yang tidak terlalu besar.

Namun, harga tersebut mengalami kenaikan yang cukup tinggi jika dibandingkan pada awal Maret di mana harga per kilogram bawang merah ukuran sedang adalah Rp 36.850.

Sementara itu, di pasar modern, harga bawang merah hingga 15 Mei 2020 adalah Rp 61.350 per kilogram.

 Baca juga: Jaga Stabilitas Harga Pangan Saat Panen Raya, Kementan Kolaborasikan Kostraling dan Blibli.com

Harga tepung terigu, daging ayam, ikan, dan kacang naik 

Selain bawang merah, melansir laman Sistem Pemantauan Pasar Kebutuhan Pokok (SP2KP) Kementerian Perdagangan, bahan pangan seperti tepung terigu, daging ayam, ikan, dan kacang juga mengalami kenaikan.

Hingga 15 Mei 2020, harga nasional untuk tepung terigu adalah Rp 9.623 per kilogram.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X