Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Berikut Ini 7 Negara yang Telah Melalui Masa Puncak Pandemi Corona

Kompas.com - 09/05/2020, 18:30 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wabah virus corona yang telah ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia (PBB) sebagai pandemi global menyebar hampir ke seluruh negara di dunia.

Virus SARS-CoV-2 penyebab penyakit Covid-19 ini menyebar sejak akhir Desember 2019 dari Wuhan, China hingga ke hampir semua benua di dunia. 

Sejumlah negara ada yang baru memulai mendekati puncak pandemi seperti di Indonesia, namun ada pula beberapa negara yang disebut-sebut telah melalu fase puncak pandemi. 

Negara-negara yang telah melalui puncak wabah ini sebelumnya menerapkan upaya keras untuk menahan persebaran virus, seperti lockdown dan melakukan uji Covid-19 secara masif.

Baca juga: Riset Dosen Unair: Pandemi Corona Indonesia Mereda Awal Agustus

Dikutip dari Independent, Kamis (7/5/2020), berikut ini sejumlah negara yang disebut-sebut sudah berhasil melalui puncak pandemi di wilayahnya:

1. Italia

Grafik kasus baru covid-19 di Italia telah menurunWorldometer Grafik kasus baru covid-19 di Italia telah menurun

Italia sempat menjadi salah satu pusat penyebaran virus corona paling mengerikan di luar China.

Sempat lengah di awal, ketika kasus infeksi meluas negara ini langsung memberlakukan penguncian nasional selama kurang lebih 2 bulan yang memaksa semua warganya untuk tetap tinggal di rumah.

Pekan ini, Italia bahkan telah mengendurkan aturan lockdown, dan mengizinkan jutaan masyarakatnya untuk kembali bekerja.

Angka laporan kasus infeksi baru juga terus menunjukkan penurunan dari hari ke hari. Angka-angka ini menjadi yang terendah sejak negara ini pertama kali dihantam wabah pada Maret lalu.

Ini merupakan indikator kunci sebuah negara dikatakan telah melalui puncak persebaran virus corona.

Baca juga: Covid-19, Italia Catatkan Angka Kematian Terendah Sejak Lockdown

2. Spanyol

Kurva kasus baru covid-19 di Spanyol menunjukkan penurunanWorldometer Kurva kasus baru covid-19 di Spanyol menunjukkan penurunan

Kondisi yang kurang lebih sama juga terjadi di Spanyol, negara tetangga Italia yang dipisahkan oleh Laut Mediterania.

Kasus Covid-19 di Negeri Matador ini bahkan sempat menduduki posisi tertinggi kedua secara global, di bawah Amerika Serikat. Ini artinya, kasus di sana menjadi yang tertinggi di Benua Eropa.

Namun saat ini perlahan negara itu telah melewati titik puncaknya, angka kasus baru semakin hari secara konsisten semakin menurun.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com