Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menilik Wuhan, Kota Kuno China yang Diisolasi karena Virus Corona

Kompas.com - 28/01/2020, 06:59 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Virdita Rizki Ratriani

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Wuhan merupakan tempat asal persebaran virus corona yang sejauh ini merenggut 80 jiwa.

Virus tersebut membuat ibu kota dari Provinsi Hubei ini dikarantina dengan begitu ketat dan untuk pertama kalinya akses kota ini ditutup agar virus corona tidak tersebar semakin luas.

Namun di balik itu semua, Wuhan menyimpan beragam potensi sebagai sebuah kota industri yang maju dan memiliki banyak sejarah.

Memiliki luas 1,528 kilometer persegi, Wuhan dinobatkan menjadi kota terbesar di wilayah China tengah dengan kepadatan penduduk mencapai 1.200 jiwa per kilometer persegi.

Jumlah penduduk yang saat ini mendiami kota tersebut, berdasarkan World Urbanization Prospect terdapat lebih dari 8.364.977 jiwa.

Kota Industri dan perhubungan

Wuhan dikenal sebagai kota industri, karena memiliki perekonomian yang kuat dan menjadi lokasi sejumlah industri besar di negara itu. Misalnya industri mobil lokal juga produksi baja.

Keberadaan industri ini pula lah yang membuat kota ini menawarkan peluang kerja yang besar sehingga menarik perhatian orang-orang dari luar wilayah untuk datang dan menetap di sana.

Banyak dari penduduk Wuhan yang merupakan pendatang dari wilayah lain di China dan luar China. Seperti Hong Kong, Makau, Taiwan, Korea Selatan, Jepang, hingga Amerika Serikat.

Pemandangan Kota Wuhan di malam hari Shutterstock.com Pemandangan Kota Wuhan di malam hari

Oleh karena peran kota yang begitu signifikan bagi negara, kondisi perekonomian Wuhan kian meningkat, dan diperkirakan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang.

Selain itu, Wuhan juga dikenal sebagai kota penghubung di kawasan China Tengah. Kota ini memiliki pelabuhan yang cukup sibuk dan penting yang menjadi tonggak perindustrian di sana.

Bahkan rencananya, Wuhan akan membangun sebuah hub yang dapat menghubungkan 5 benua.

Wuhan sudah ada sejak lebih dari 3.500 tahun yang lalu, oleh karena itu ia menjadi salah satu kota paling kuno di China.

Di era Dinasti Yuan, Wuhan ditetapkan sebagai ibu kota Provinsi Hubei yang kemudian menjadikannya dikenal sebagai kota perdagangan paling penting di seantero negeri.

Baca juga: Mengenal Kota Wuhan, Kota di China yang Diduga Sumber Virus Corona

Pada abad ke-19, Wuhan terus bertumbuh dengan dibangunnya jalur kereta api yang mendukung perannya sebagai kota perdagangan.

Dan saat ini, Wuhan dikenal sebagai kota pusat kegiatan politik, ekonomi, keuangan, budaya, juga pendidikan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com