Mengenal Kota Wuhan, Kota di China yang Diduga Sumber Virus Corona

Kompas.com - 24/01/2020, 11:33 WIB
Seorang perempuan melintas di depan pasar ikan di Kota Wuhan, China, yang ditutup terkait dugaan sebagai lokasi awal merebaknya virus misterius di negara itu, Minggu (12/1/2020). Virus misterius mirip pneumonia telah menjangkiti puluhan orang dan menelan korban jiwa kedua di China, menurut pemerintah setempat. AFP/NOEL CELISSeorang perempuan melintas di depan pasar ikan di Kota Wuhan, China, yang ditutup terkait dugaan sebagai lokasi awal merebaknya virus misterius di negara itu, Minggu (12/1/2020). Virus misterius mirip pneumonia telah menjangkiti puluhan orang dan menelan korban jiwa kedua di China, menurut pemerintah setempat.

KOMPAS.com – Kota Wuhan belakangan banyak dibicarakan. Hal itu terkait wabah Virus Corona yang menyebar beberapa hari terakhir. 

Wuhan bahkan menjadi trending topik di media sosial Twitter. Hingga kini Jumat (24/01/2020) tagar #Wuhan telah dibicarakan lebih dari 162 ribu kali

Seperti apa Kota Wuhan?

Wuhan merupakan kota yang lokasinya berada di Cina Tengah.

Ia merupakan ibu kota provinsi Hubei, dan cukup strategis karena lokasinya berada di pertemuan Sungai Yangtze dan Sungai Han.

Menurut Washington Post Kota Wuhan memiliki populasi lebih dari 11 juta penduduk. Jumlah yang besar melebihi Kota New York.

Seukuran London

Adapun luas kota ini memiliki ukuran yang besarnya hampir sama dengan Kota London, Inggris.

Kota ini masuk dalam kategori kota terbesar ke 42 di dunia, dan terbesar ketujuh di China.

Ukuran serta pengaruh ekonomi Wuhan cukup menjelaskan mengapa virus ini kemudian menyebar begitu cepat ke seluruh Asia bahkan ke Amerika.

Singkatnya, virus ini menyebar begitu luas karena banyak orang mengunjungi Wuhan dan membawa pulang virus itu bersama mereka.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X