Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Hari Matematika Internasional 14 Maret

Kompas.com - 14/03/2024, 07:00 WIB
Yulisha Kirani Rizkya Pangestuti,
Widya Lestari Ningsih

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Tanggal 14 Maret diperingati sebagai Hari Matematika Internasional atau International Day of Mathematics.

Hari Matematika Internasional tergolong sebagai perayaan yang baru, karena diperingati utuk pertama kali pada 14 Maret 2020.

Tujuan peringatan Hari Matematika Internasional adalah untuk merayakan dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari, dalam ranah pendidikan, dan kemajuan ilmu pengetahuan.

Berikut ini sejarah penetapan Hari Matematika Internasional.

Baca juga: Sejarah Hari Perempuan Internasional 8 Maret

Sejarah Hari Matematika Internasional

Ide Hari Matematika Internasional diprakarsai oleh Persatuan Matematika Internasional dengan dukungan organisasi-organisasi bidang matematika dari berbagai negara.

Peringatan Hari Matematika Internasional dimulai dari gagasan untuk meningkatkan akses dan peran pendidikan matematika bagi siswa.

Hal ini terutama terkait dengan peran matematika dalam ilmu pengetahuan, kehidupan sehari-hari, pendidikan, dan kemajuan teknologi.

Dilansir dari situs resmi International Day of Mathematics, pencanangan 14 Maret sebagai Hari Matematika Internasional dilakukan oleh Dewan Eksekutif UNESCO pada sidangnya yang ke-205.

Penetapan Hari Matematika Internasional kemudian resmi diadopsi UNESCO dalam sidang Konferensi Umum UNESCO ke-40, pada 26 November 2019.

Tanggal 14 Maret 2020 kemudian menandai perayaan Hari Matematika Internasional untuk pertama kalinya.

Baca juga: Sejarah Hari Penegakan Kedaulatan Negara 1 Maret

Tanggal 14 Maret dipilih sebagai Hari Matematika Internasional karena di banyak negara sudah diperingati sebagai Hari Pi.

Hari Pi adalah perayaan tahunan konstanta matematika, Pi (π), yang pertama kali dirayakan di Amerika Serikat (AS) pada 1988.

Nilai Pi kira-kira 3,14. Dari situlah 14 Maret diperingati sebagai Hari Pi, karena format penulisan tanggal 14 Maret di AS ditulis 3/14.

Tanggal 14 Maret juga bertepatan dengan ulang tahun Albert Einstein, salah satu ilmuwan terbesar dan paling berpengaruh sepanjang masa.

Maka dari itu Hari Matematika Internasional disebut juga sebagai Hari Pi atau Pi Day.

Baca juga: Sejarah Hari Kebebasan Pers Internasional

Tema perayaan Hari Matematika Internasional setiap tahun berbeda-beda, misalnya Mathematics is Everywhere (2020), Mathematics for a Better World (2021), Mathematics Unites (2022), dan Mathematics for Everyone (2023).

Tema perayaan Hari Matematika Internasional 2024 adalah Playing with Math atau Bermain dengan Matematika.

Perayaan ini diharapkan dapat memberikan manfaat kepada siswa, guru, perempuan dan anak perempuan, serta masyarakat umum untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya matematika dalam pendidikan, dan berkontribusi terhadap pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com