Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Pembangunan Berkelanjutan, demi Melindungi Kehidupan

Kompas.com - 10/05/2023, 16:00 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals acap disingkat SDGs.

Perjalanan Pembangunan Berkelanjutan, muasalnya, adalah demi melindungi kehidupan di dunia ini.

Sumber literatur di laman Kompas.com edisi 10 Mei 2023 menunjukkan informasi mengenai Tujuan dan Target SDGs.

Baca juga: Mengenal Tujuan 5 SDGs: Kesetaraan Gender

Pembangunan Berkelanjutan

Perusahaan Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) menggunakan material daur ulang limbah tekstil pada 90 persen produknya seperti kain pel, mop, dan keset.

Ini merupakan komitmen KLIN untuk mendukung Program Sustainable Development Goals khususnya Point 12 tentang Responsible Consumption and Production.Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) Perusahaan Klinko Karya Imaji Tbk (KLIN) menggunakan material daur ulang limbah tekstil pada 90 persen produknya seperti kain pel, mop, dan keset. Ini merupakan komitmen KLIN untuk mendukung Program Sustainable Development Goals khususnya Point 12 tentang Responsible Consumption and Production.

Perserikatan Bangsa Bangsa atau PBB menjadi cikal bakal Pembangunan Berkelanjutan mulai dari ide, tujuan, target, hingga perwujudannya.

Pada KTT PBB MDGs 2010 dengan pelaksanaan Millennium Development Goals (MDGs) usai, sudah disepakati adanya perumusan agenda pembangunan dunia selepas 2015.

Ilustrasi lanskap hutan pinus di Guci, Tegal, Jawa Tengah.Dok. Wikimedia Commons/Peanut.id Ilustrasi lanskap hutan pinus di Guci, Tegal, Jawa Tengah.

Peserta KTT itu pun sepakat pada dokumen bertajuk "The Future We Want" pada Konferensi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan 2012.

Alhasil, ada kesepakatan dalam Sidang Umum PBB September 2015, yaitu Agenda 2030 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Beberapa agenda MDGs yang belum tercapai akan dilanjutkan dalam pelaksanaan pencapaian SDGs hingga 2030.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan alias SDGs merupakan komitmen global dan nasional menyejahterakan masyarakat dengan cakupan 17 tujuan.

Contoh produk hasil daur ulang Karton Bekas Minum (KBM) Tetra Pak antara lain kantong kertas, mobile phon stand atau penyangga ponsel, maupun kertas coret-coretan.Tetra Tetra Pak Contoh produk hasil daur ulang Karton Bekas Minum (KBM) Tetra Pak antara lain kantong kertas, mobile phon stand atau penyangga ponsel, maupun kertas coret-coretan.

Tujuan-tujuan itu adalah:

(1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; dan (5) Kesetaraan Gender.

Lalu, ada tujuan (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; dan (10) Berkurangnya Kesenjangan.

Lantas, terdapat tujuan, (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; dan akhirnya (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com