Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perjalanan Pembangunan Berkelanjutan, demi Melindungi Kehidupan

KOMPAS.com - Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals acap disingkat SDGs.

Perjalanan Pembangunan Berkelanjutan, muasalnya, adalah demi melindungi kehidupan di dunia ini.

Sumber literatur di laman Kompas.com edisi 10 Mei 2023 menunjukkan informasi mengenai Tujuan dan Target SDGs.

Pembangunan Berkelanjutan

Perserikatan Bangsa Bangsa atau PBB menjadi cikal bakal Pembangunan Berkelanjutan mulai dari ide, tujuan, target, hingga perwujudannya.

Pada KTT PBB MDGs 2010 dengan pelaksanaan Millennium Development Goals (MDGs) usai, sudah disepakati adanya perumusan agenda pembangunan dunia selepas 2015.

Peserta KTT itu pun sepakat pada dokumen bertajuk "The Future We Want" pada Konferensi PBB tentang Pembangunan Berkelanjutan 2012.

Alhasil, ada kesepakatan dalam Sidang Umum PBB September 2015, yaitu Agenda 2030 Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB) atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Beberapa agenda MDGs yang belum tercapai akan dilanjutkan dalam pelaksanaan pencapaian SDGs hingga 2030.

Tujuan Pembangunan Berkelanjutan alias SDGs merupakan komitmen global dan nasional menyejahterakan masyarakat dengan cakupan 17 tujuan.

Tujuan-tujuan itu adalah:

(1) Tanpa Kemiskinan; (2) Tanpa Kelaparan; (3) Kehidupan Sehat dan Sejahtera; (4) Pendidikan Berkualitas; dan (5) Kesetaraan Gender.

Lalu, ada tujuan (6) Air Bersih dan Sanitasi Layak; (7) Energi Bersih dan Terjangkau; (8) Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi; (9) Industri, Inovasi dan Infrastruktur; dan (10) Berkurangnya Kesenjangan.

Lantas, terdapat tujuan, (11) Kota dan Permukiman yang Berkelanjutan; (12) Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab; (13) Penanganan Perubahan Iklim; (14) Ekosistem Lautan; (15) Ekosistem Daratan; (16) Perdamaian, Keadilan dan Kelembagaan yang Tangguh; dan akhirnya (17) Kemitraan untuk Mencapai Tujuan.

https://www.kompas.com/stori/read/2023/05/10/160000279/perjalanan-pembangunan-berkelanjutan-demi-melindungi-kehidupan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke