Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

B40 dan Minyak Sawit Indonesia

Kompas.com - 01/09/2022, 06:00 WIB
Josephus Primus

Penulis

 

JAKARTA, KOMPAS.com - B40 atau Biodiesel 40 adalah kebijakan menempatkan kandungan 40 persen minyak sawit di dalam bahan bakar solar untuk mesin diesel.

Sejauh ini, yang baru terealisasi di Indonesia adalah kebijakan B30.

Selama ini, Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (Gapki) memasok minyak sawit mentah (CPO) untuk perwujudan kebijakan nasional Indonesia.

"Kami tetap konsisten menyuplai CPO untuk kebutuhan B30 di dalam negeri," kata Sekretaris Jenderal Gapki Eddy Martono Eddy di Jakarta, Selasa (30/8.2022).

Ke depan, ada kemungkinan bahwa B30 akan dinaikkan menjadi B40.

Kini, jumlah pasokan CPO yang dapat disuplai oleh Gapki mencapai 9,3 juta ton.

Baca juga: Menteri ESDM: Indonesia Jadi Pionir Pemanfaatan B30

Energi

PTPN Group memulai proses budidaya kelapa sawit di Enrekang, Sulsel. DOK. PTPN PTPN Group memulai proses budidaya kelapa sawit di Enrekang, Sulsel.

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) mencatat, saat ini Indonesia merupakan negara pertama di dunia yang sudah mencampurkan energi terbarukan ke dalam minyak solar mencapai 30 persen atau B30.

Negara-negara lain seperti Argentina, Brasil, hingga Amerika Serikat masing-masing baru memasuki skema B10, B12, dan B20.

Catatan Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebutkan, realisasi penyaluran B30 hingga 27 Agustus 2022 mencapai 6,4 juta kiloliter (kl).

Angka ini naik 63 persen dari alokasi sebesar 10,15 juta kl.

Seorang petani memegang buah kelapa sawit selama protes di dekat istana presiden di Jakarta, 17 Mei 2022. AP via VOA INDONESIA Seorang petani memegang buah kelapa sawit selama protes di dekat istana presiden di Jakarta, 17 Mei 2022.

B30

Untuk menurunkan harga minyak goreng di dalam negeri, Indonesia mengumumkan larangan ekspor minyak sawit mentah sejak akhir April.- Untuk menurunkan harga minyak goreng di dalam negeri, Indonesia mengumumkan larangan ekspor minyak sawit mentah sejak akhir April.

Data Aprobi atau Asosiasi Produsen Biodiesel Indonesia menunjukkan total kapasitas produksi terpasang mencapai 16,6 juta kiloliter sampai 2021.

Masih berdasarkan data Aprobi dalam dua tahun terakhir, penyaluran B30 berhasil mencapai 8,43 juta kiloliter pada 2020.

Kemudian, penyaluran mencapai 8,44 juta kiloliter sepanjang 2021.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com