Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ide Hadirnya Salah ke Liverpool Bukan dari Juergen Klopp

Kompas.com - 12/02/2020, 23:00 WIB
Angga Setiawan,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber BolaSport

KOMPAS.com - Kehadiran Mohamed Salah menuju Liverpool untuk bermain di Liga Inggris rupanya tidak datang dari ide Juergen Klopp.

Kontribusi Mohamed Salah bersama Liverpool begitu besar dalam trio lini serang garapan Juergen Klopp yang diusung bersama Firmino dan Sadio Mane.

Mohamed Salah Sendiri merupakan rekrutan Liverpool yang didatangkan dari AS Roma pada tahun 2017.

Penampilan impresif Mohamed Salah bersama Roma membuat Liverpool rela mengeluarkan dana sebesar 39,6 juta pounds (sekitar Rp 700 miliar) untuk menebusnya.

Baca juga: AFC Cup Tampines Vs PSM Makassar, Juku Eja Gagal Petik Poin

Pelatih Liverpool Juergen Klopp ditengarai menjadi sosok yang sangat menginginkan Salah di dalam skuadnya.

Akan tetapi, Klopp mengatakan tidak ikut andil dalam keputusan mendatangkan Salah dari AS Roma pada waktu itu.

Belakangan, terungkap siapa orang yang menjadi penggagas ide mendatangkan Salah untuk bergabung ke Liverpool di Liga Inggris.

Seperti yang diungkapkan oleh CEO Liverpool, Peter Moore, tim analisis klublah yang mendorong manajemen untuk merekrut Salah.

Baca juga: Dejan Lovren Mimpikan Liverpool Bisa Raih Banyak Trofi seperti Barcelona

"Mo adalah kisah yang hebat. Dia datang dari Roma dan tim analisis olahragalah yang menemukannya," ujar Moore seperti dikutip BolaSport dari Team Talk.

"Jelas, orang melihatnya saat masih di Chelsea, dan Jose Mourinho tidak menilainya dengan baik dan mereka membiarkannya pergi," ucapnya.

"Dia pergi ke Fiorentina dan berakhir di Roma, dan ada sesuatu, secara analitis, yang dilihat oleh tim teknis olahraga kami yang membuat namanya terus muncul di urutan teratas daftar transfer," kata Moore.

Dorongan dari tim analisis tadi terbukti benar dengan Salah yang berkembang menjadi salah satu pemain terbaik di Liga Inggris saat ini.

Baca juga: Coutinho Bicara soal Liverpool

Catatan gol Salah menjadi buktinya, dalam 137 penampilan di berbagai ajang, kapten timnas Mesir itu berhasil membuat 89 gol.

Selain itu, nilai Salah di pasar transfer juga langsung menjulang tinggi berkat penampilan apiknya selama berseragam Liverpool.

Berdasarkan data dari Transfermarkt, nilai jual Salah berada di angka 150 juta euro (sekitar Rp2,2 triliun), menjadikannya pemain paling berharga di ranah sepak bola Inggris.

Selain itu Mohamed Salah mampu memberikan gelar trofi Liga Champions yang keenam bagi The Reds.

Saat ini, Mohamed Salah tengah membawa ambisi Liverpool untuk meraih trofi Liga Inggris ke-19 dengan menempatkan The Reds di posisi puncak mengumpulkan 73 poin. (Adi Nugroho)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com