Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AIA Championship Digelar untuk Kali Kelima pada Tahun 2020

Kompas.com - 08/02/2020, 22:41 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Aloysius Gonsaga AE

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ajang kompetisi sepak bola AIA Championship kembali digelar pada tahun 2020 dan kini sudah memasuki edisi kelima.

AIA Championship 2020 kali ini berlangsung di lapangan Panahan, Senayan, Jakarta, Sabtu (8/2/2020).

Pada tahun ini AIA Championship 2020 diiukuti oleh total delapan tim yang terbagi ke dalam tiga kategori.

Pertama adalah Women League yang diikuti 16 tim, Partner League yang juga diisi 16 tim dan delapan sisanya adalah tim internal dari AIA.

Mengusung tema "Ciptakan Sejarahmu", ajang AIA Championship 2020 memiliki tujuan lebih dari sekadar pembinaan sepak bola.

Hal itu diungkapkan oleh Chief Marketing Officer PT AIA Financial, Lim Chet Ming.

"Sepak bola hanya sebuah sarana untuk mewujudkan misi AIA membantu keluarga di Indonesia hidup lebih sehat, lebih lama, dan lebih baik," kata Lim Chet Ming.

Baca juga: AIA Masih Terus Cari Bakat Muda Sepak Bola

Di sisi lain, gelaran AIA Championship 2020 tidak hanya berhenti dengan mencari pemenang liga di setiap kategori.

Tim pemenang AIA Championship 2020 akan dikirim untuk mewakili Indonesia ke tingkat regional Asia di Thailaind.

Jika berhasil memenangkan regional Asia, tim pemenang akan langsung di kirim ke London, Inggris, untuk mengikuti babak final.

"Tim pemenang akan kami beri pelatihan intensif sebelum dibawa ke ajang internasional," kata Head of Brand Communication PT AIA Financial, Madhi Suryanto.

"Pemain yang kami bawa akan mendapat kesempatan seperti Zahra Muzdalifah (pemain timnas putri Indonesia) tampil di Inggris," ujar Madhi menambahkan.

Zahra Muzdalifah adalah salah satu jebolan AIA Championship yang menjadi juara pada tahun 2019 bersama tim Jakarta69.

Zahra kemudian berhasil lolos seleksi untuk kemudian bergabung bersama timnas putri Indonesia yang berisi pemain terbaik AIA Championship 2019.

Baca juga: AIA Sumbangkan 500 Bola untuk SSB di Sumatera Utara.

Zahra dan timnas Indonesia sukses menjadi juara di London dan berkesempatan berlatih bersama tim putri Tottenham Hotspur.

"Saya sangat mengapresiasi AIA Championship karena terus mendukung perkembangan sepak bola Indonesia khususnya yang putri," kata Zahra.

"Sebenarnya banyak bakat sepak bola putri di Indonesia. Tapi sekarang belum terlalu terlihat karena kurangnya fasilitas latihan dan kompetisi," ujar Zahra menambahkan.

Selain Zahra, pemain timnas U-23 Indonesia yang kini membela Arema FC, Bagas Adi Nugroho, juga merupakan jebolan AIA Championship 2016.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com