Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gol Ke-50 di Italia, Ronaldo Lebih Cepat dari Van Basten dan Batistuta tapi Kalah dari Shevchenko

Kompas.com - 07/02/2020, 10:29 WIB
Aloysius Gonsaga AE

Penulis

Sumber Daily Mail

KOMPAS.com - Cristiano Ronaldo baru saja menorehkan gol ke-50 di pentas Serie A, kasta tertinggi Liga Italia. Angka tersebut dicapai setelah sang megabintang Juventus mencetak brace alias dwigol ke gawang Fiorentina pada pekan ke-22 Liga Italia, Minggu (2/2/2020).

Itu artinya, Cristiano Ronaldo mencetak 50 gol hanya dalam 70 pertandingan di negeri Pizza tersebut sejak dia bergabung dengan Juventus pada musim panas 2018.

Pencapaian mantan bintang Real Madrid dan Manchester United tersebut lebih cepat dari Marco van Basten dan Gabriel Batistuta.

Baca juga: Ultah Ke-35, Ronaldo Dapat Kado Mobil Seharga Rp 10,5 Miliar dari Georgina

Meskipun demikian, penyerang berusia 35 tahun tersebut bukan pemain paling cepat yang berhasil mencetak 50 gol di Italia.

Dua gol dalam kemenangan 3-0 atas Fiorentina itu hanya menempatkan Ronaldo di urutan kedua daftar pemain tercepat yang mencapai gol ke-50 di Italia. Ronaldo kalah dari mantan striker AC Milan, Andriy Shevchenko.

Berikut ini daftar 10 teratas pemain tercepat yang mencetak 50 gol seperti dikutip Sportsmail:

10. Gonzalo Higuain (50 gol dalam 96 pertandingan)

Penyerang Napoli, Gonzalo Higuain (kiri), melakukan selebrasi usai membobol gawang Chievo Verona, pada laga lanjutan Serie A di Stadion San Paolo, Sabtu (5/3/2016) waktu setempat.CARLO HERMANN/AFP Penyerang Napoli, Gonzalo Higuain (kiri), melakukan selebrasi usai membobol gawang Chievo Verona, pada laga lanjutan Serie A di Stadion San Paolo, Sabtu (5/3/2016) waktu setempat.

Striker asal Argentina tersebut saat ini membela Juventus tetapi gol ke-50 dia raih ketika masih memperkuat Napoli.

Higuain menghasilkan jumlah gol tersebut lewat titik penalti saat Napoli menang 4-2 atas Sampdoria dalam pertandingan yang berlangsung pada 2015.

Mantan striker Real Madrid tersebut termasuk salah satu pemain yang tak terbendung di Serie A pada masa itu. Dominasinya dipertegas dengan keberhasilannya menyabet penghargaan capocannoniere alias top skor Liga Italia 2015-2016 dengan torehan 36 gol.

 

 

9. Adriano (50 gol dalam 95 pertandingan)

Striker asal Brasil ini pernah merumput di Liga Italia. Jumlah gol itu dia capai lewat penampilan bersama Inter Milan, Fiorentina, Parma dan kembali ke Inter Milan.

Dalam rentang lima tahun, pemain dengan julukan The Emperor ini dianggap sebagai salah satu striker terbaik di dunia pada awal 2000an.

Musim 2004-2005 merupakan masa puncak kariernya ketika dia mencapai 42 gol untuk klub dan negaranya. Setelah itu, performa pemain kidal ini mulai menurun.

8. Edin Dzeko (50 gol dalam 92 pertandingan)

Mantan striker Manchester City ini mencetak 10 gol dalam tahun pertama di Italia. Kemudian, dia sangat produktif pada musim kedua karena Dzeko mencetak 39 gol.

Sang striker mencapai gol ke-50 bersama AS Roma pada awal musim ketiga di Italia. Dia mencetak gol ke-50 Serie A saat AS Roma melawan Inter Milan, 26 Agustus 2017.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com