Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Pemain yang Bikin Jupe Tinggalkan Persib

Kompas.com - 04/02/2020, 16:20 WIB
Ferril Dennys

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.COM - Pelatih Persib Bandung Robert Rene Alberts mengakui bahwa alasan Achmad Jufrianto hengkang dari Maung Bandung karena persaingan posisi di lini belakang. 

Persaingan di lini belakang Persib semakin ketat setelah Maung Bandung kedatangan Victor Igbonefo dan bergabungnya Fabiano Beltrame.

Menurutnya, pemain yang akrab disapa Jupe itu merasa posisinya akan tersisihkan setelah bertambahnya dua pemain baru di lini belakang selain Nick Kuipers.

Oleh karena itu, Jupe memutuskan untuk menyudahi kariernya di Persib.

Baca juga: Robert Ungkap Alasan Persib Rekrut Zulham Zamrun

"Itu bukan keinginan kami. Dia ada dalam rencana saya dan klub juga. Tapi Jupe down ketika kedatangan Fabiano dan Victor dan dia jadi merasa tidak aman," kata Robert usai sesi latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Selasa (4/2/2020).

Tak heran dengan kedatangan sejumlah pemain belakang, Jupe merasa akan kehilangan sejumlah menit bermain di musim Liga 1 2020.

Menurut Robert tim pelatih juga cukup memperhatikan hal tersebut.

"Dia bertanya, apakah bisa pindah ke klub lain karena merasa tidak akan cukup banyak bermain musim ini bersama Persib. Kami juga harus memperhatikan itu dan mendiskusikannya. Jika tidak senang atau tidak percaya diri, ya kami akan membantunya," kata Robert.

Sejauh ini, menurutnya, Jupe ada dalam daftar skema pemain yang disiapkan Persib.

Meski Jupe hengkang, Robert menilai bahwa dengan sejumlah pemain belakang yang ada komposisi Persib sudah lengkap.

"Tapi jangan lupakan kami juga masih punya tiga center back yang berkualitas dan pemain lain yang bisa dipasang pada posisi itu jika dibutuhkan seperti yang dilakukan musim lalu, yang terbilang cukup sukses," kata pelatih asal Belanda itu.

Selama berseragam Persib, Jupe tampil dalam 86 pertandingan resmi dengan sumbangan 6 gol, masing-masing 2 gol di ISL 2014, Liga 1 2017 dan 2019.

Jupe adalah salah satu pemain yang berkontribusi besar saat Persib menjuarai liga di musim 2014.

Pria yang identik dengan nomor punggung 16 itu menjalani debutnya bersama Persib pada 2 Februari 2014 kala menghadapi Sriwijaya FC.

Setelah menyumbangkan trofi juara LSI 2014 dan Piala Presiden 2015, Jupe berpamitan dengan Persib di tanggal yang sama, 2 Februari 2020 di Stadion Siliwangi, Kota Bandung.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com