Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Shin Tae-yong Ungkap Sisi Positif di Balik Kekalahan Timnas U19

Kompas.com - 28/01/2020, 21:21 WIB
Ferril Dennys

Penulis

KOMPAS.COM - Timnas nasional U19 Indonesia memasuki hari ke-8 pemusatan latihan di Alpine Football Camp Trainning, Chiang Mai, Thailand, Selasa (28/1/2020).  

Manajer Shin Tae-yong melihat sisi positif meskipun selalu menelan kekalahan dalam setiap laga uji coba di Thailand. 

Beberapa laga latih tanding melawan tim-tim K-League 1 dan tim universitas sudah dijalani oleh tim ini. Format latih tanding pun selalu sama, yaitu 3x30 menit.

Pertama, mereka melawan salah satu klub Universitas, bernama Kyung Hee University. Mereka takluk dengan skor dua gol tanpa balas.

Baca juga: Timnas U19 Indonesia Kalah Lagi, Shin Tae-yong Minta Pemain Fokus ke Latihan Fisik

Pada laga uji coba kedua, timnas U19 takluk dari Seongnam FC dengan skor 1-4. Begitu juga saat melawan Busan IPark yang tahun ini baru saja promosi ke K-League 1.

Mereka bisa membuat satu gol, meski harus juga mengakui kekuatan tim lawan dengan skor 1-5.

“Progres positif terlihat di sini, pemain terus berkembang. Pagi hari ini, kami mendapat kesempatan berlatih tanding lagi melawan Seongnam FC, kami bisa mencetak satu gol,” ungkap Shin.

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan asisten pelatih Indra Sjafri saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand.ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK A Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong (kanan) berbincang dengan asisten pelatih Indra Sjafri saat seleksi pemain Timnas Indonesia U-19 di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (13/1/2020). Sebanyak 51 pesepak bola hadir mengikuti seleksi pemain Timnas U-19 yang kemudian akan dipilih 30 nama untuk mengikuti pemusatan latihan di Thailand.

Adalah Irfan Jauhari yang mencetak gol pagi tadi saat melawan Seongnam FC. Golnya, berawal dari tendangan penjuru, umpan pendek ke pemain yang bernama Irvan, lalu umpan lambungnya diselesaikan oleh sundulan Irfan Jauhari.

“Kepercayaan diri pemain semakin terlihat, daya juang mereka di atas lapangan telah diperlihatkan ke saya. Seperti saya katakan beberapa waktu lalu, saya memang memerlukan pemain yang tak kenal lelah dalam setiap pertandingannya," kata Shin. 

"Untuk itu, kenapa saya terus melakukan latihan fisik selama pemusatan latihan,” tutur Shin.

Shin juga memfokuskan latihan untuk peningkatan fisik 28 pemain yang mengikuti pemusatan latihan.

“Selain pagi, sore kami juga akan terus berlatih. Tetap fokus ke latihan fisik,” tuturnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com