Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rencana Pengunduran Jadwal Piala Dunia U20 2021 Sulit Dilakukan

Kompas.com - 23/01/2020, 21:30 WIB
Benediktus Agya Pradipta,
Eris Eka Jaya

Tim Redaksi

Sumber Kemenpora

KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PSSI Ratu Tisha Destria menyampaikan kesulitan terkait rencana pengunduran jadwal Piala Dunia U20 2021 di Indonesia.

Kabar terbaru tersebut disampaikan oleh Ratu Tisha dalam rapat koordinasi tentang persiapan penyelenggaraan Piala Dunia U20 2021 di Kementerian Pemuda dan Olahraga, Rabu (22/1/2020).

Rapat koordinasi yang dipimpin langsung oleh Sekretaris Kemenpora, Gatot S Dewa Broto, itu turut dihadiri beberapa pejabat dan staf terkait.

Baca juga: Arahan Presiden Jokowi untuk Penyelenggaraan Piala Dunia U20

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia bersama pengurus PSSI berencana untuk mengajukan pengunduran jadwal perhelatan Piala Dunia U20 2021, yang semula dijadwalkan mulai pada tanggal 24 Mei 2021, menjadi Juli 2021.

Hal tersebut menyusul pertimbangan terkait perayaan hari raya Idul Fitri 1442 Hijriah yang diperkirakan jatuh pada tanggal 14 Mei 2021.

Namun, setelah PSSI melakukan koordinasi di kantor FIFA, Swiss, tanggal 17 dan 18 Januari 2020, rencana pengunduran jadwal dinilai sulit untuk dilakukan.

Baca juga: PSSI Berhasil Yakinkan FIFA Pakai 6 Stadion untuk Piala Dunia U20 2021

Pasalnya, kalender FIFA menunjukkan bahwa seusai gelaran Piala Dunia U20 2021, selanjutnya akan dihelat Piala Dunia Antarklub di China.

Selain itu, kompetisi profesional di Benua Eropa dan Amerika juga dijadwalkan bergulir selepas gelaran Piala Dunia U20 2021 tersebut.

"Rencana Pemerintah Indonesia dan pengurus PSSI untuk mengundurkan waktu di bulan Juli 2021 sepertinya sulit dilakukan."

"Selain karena usai Piala Dunia FIFA U-20 akan ada FIFA Club World Cup di China, juga karena setelah itu kompetisi profesional di Eropa dan Amerika sudah mulai bergulir," tulis rilis dari Kemenpora terkait hasil rapat koordinasi bersama PSSI dan beberapa lembaga terkait.

Baca juga: Sabtu, FIFA Umumkan 6 Stadion untuk Piala Dunia U20 2021

Selain itu, rapat koordinasi antara Kemenpora dan PSSI juga menghasilkan beberapa hal lain.

Di antaranya terkait Stadion serta sarana dan prasarana yang harus segera dilengkapi menjelang gelaran Piala Dunia U20 2021.

Seperti yang tertulis pada rilis dari Kemenpora, enam stadion yang nantinya akan dipilih oleh FIFA harus dilengkapi dengan lima lapangan latihan.

Peralatan video assistant referee (VAR) juga harus tersedia di setiap stadion utama.

Perlu diketahui, peralatan VAR akan didatangkan langsung oleh FIFA selaku otoritas tertinggi sepak bola dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com