Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Masters 2020 - Main 1 Jam Lebih, Marcus/Kevin Singgung Wasit

Kompas.com - 16/01/2020, 08:00 WIB
M. Hafidz Imaduddin,
Ferril Dennys

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, menyinggung kepemimpinan wasit setelah bermain selama 65 menit pada laga babak pertama Indonesia Masters 2020, Rabu (15/1/2020).

Untuk ukuran laga ganda putra, 65 menit termasuk waktu yang panjang.

Marcus/Kevin dipaksa bermain rubber game ketika melawan wakil Inggris non-unggulan, Marcus Ellis/Chris Langridge, dengan skor 21-12, 19-21, dan 26-24.

Seusai laga, Marcus menilai wasit seharusnya memberi peringatan atau bahkan kartu kepada pasangan Inggris yang sering mengulur waktu.

"Mereka temponya sering berhenti karena meminta mengeringkan keringat atau alasan lain. Setiap mereka berhenti tempo kami jadi kacau," ujar Marcus.

"Wasitnya kurang tegas terutama ketika pemain Inggris mengulur waktu. Dulu saya pernah dapat kartu merah padahal hanya berhenti sebentar dan tidak melakukan apa-apa," kata Marcus menambahkan.

Baca juga: Indonesia Masters 2020, Fajar/Rian Susah Payah Lolos ke Babak Kedua

Marcus/Kevin membuang kesempatan untuk mengakhiri laga lebih cepat terutama di gim ketiga. Unggulan pertama ini sempat unggul sembilan angka pada kedudukan 19-10.

Situasi di Istora Senayan mendadak tegang saat Marcus/Chris sukses menyusul ketertinggalan bahkan dua kali unggul saat deuce.

Mental bertanding Marcus/Kevin terlihat pada poin krusial ini setelah sukes mengakhiri laga dengan kemenangan 26-24 di gim ketiga.

Marcus/Kevin mengakui penyebab laga harus berlangsung sampai 65 menit karena kesalahan sendiri.

"Di gim pertama kami sudah bermain sangat bagus. Kemudian di gim kedua mereka berhasil bangkit. Kami juga kalah angin tadi. Puji tuhan kami masih diberi kemenangan," kata Kevin.

"Di gim ketiga kami memang sempat ingin mengendurkan tempo permainan. Tapi justru malah kebablasan. Kami ingin menang di rumah sendiri dan mempertahankan gelar juara," ujar Marcus.

Baca juga: Indonesia Masters 2020, Seluruh Tunggal Putri Indonesia Keok di Babak I

Di babak 16 besar, Marcus/Kevin akan berhadapan dengan wakil China non-unggulan, He Ji Ting/Tan Qiang.

Secara rekor pertemuan, Marcus/Kevin sudah tujuh kali bertemu dan sukses memenangkan tujuh pertandingan.

Selain Marcus/Kevib, dua ganda putra Indonesia lainnya juga berhasil lolos ke 16 besar.

Mereka adalah Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com