Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ciri-ciri Komet dan Jenisnya

Kompas.com - 12/04/2024, 07:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Komet adalah salah satu jenis benda langit di luar angkasa. Komet tersusun dari bebatuan, debu, serta gas beku.

Nama lain komet adalah bintang berekor. Benda langit ini termasuk dalam sistem tata surya, karena juga mengelilingi matahari.

Apa ciri-ciri komet dan apa saja jenis-jenis komet?

Ciri-ciri komet

Komet 1P/Halley seperti yang diambil pada tanggal 8 Maret 1986 oleh W. Liller, Easter Island, bagian dari Jaringan Fenomena Skala Besar International Halley Watch (IHW).commons.wikimedia.org/NASA/W. Liller Komet 1P/Halley seperti yang diambil pada tanggal 8 Maret 1986 oleh W. Liller, Easter Island, bagian dari Jaringan Fenomena Skala Besar International Halley Watch (IHW).

Dilansir dari situs NASA, salah satu ciri komet adalah komet terbentuk dari campuran debu, bebatuan, serta es.

Komet adalah sisa beku pembentukan tata surya. Lebar benda langit ini ada yang beberapa mil, bahkan ada pula yang puluhan mil.

Baca juga: Komet, Bintang Berekor di Tata Surya

Saat mengorbit dekat matahari, komet akan memanas, dan memuntahkan gas serta debu yang kemudian berubah menjadi benda yang bercahaya.

Dikutip dari situs Florida State College at Jacksonville Pressbooks, ciri-ciri komet, salah satunya, yakni bahan penyusun permukaannya terlihat halus seperti bedak.

Komet yang sering mengelilingi matahari, biasanya lebih sedikit menghasilkan debu dan gas, sehingga ekornya kurang terlihat.

Selain itu, ciri-ciri komet lainnya, yaitu komet memiliki orbit atau lintasan berbentuk lonjong, dan sangat mudah terbakar, terutama ekornya.

Jika disimpulkan, ciri-ciri komet adalah:

Baca juga: Persamaan serta Perbedaan Komet dan Asteroid

  • Terbentuk dari campuran debu, bebatuan, dan es
  • Lebar komet bisa mencapai puluhan mil
  • Saat mendekati matahari, komet akan terbakar
  • Bahan penyusun permukaannya terlihat halus
  • Komet yang sering mengelilingi matahari, ekornya kurang terlihat
  • Memiliki orbit atau lintasan lonjong
  • Komet mudah terbakar, terutama bagian ekornya.

Jenis-jenis komet

Komet Nishimura ditemukan Hideo Nishimura saat memotret langit malam menggunakan kamera digital dengan eksposur 30 detik.NASA/Dan Bartlett Komet Nishimura ditemukan Hideo Nishimura saat memotret langit malam menggunakan kamera digital dengan eksposur 30 detik.

Menurut Viyanti dalam buku Komet (2023), jenis-jenis komet bisa dibedakan berdasarkan ukuran serta frekuensi kemunculannya.

Berdasarkan panjang dan bentuk lintasannya, komet dibedakan menjadi komet berekor panjang dan pendek.

Komet berekor panjang memiliki garis lintas orbit yang sangat jauh. Sebaliknya, komet berekor pendek, lintasannya sangat pendek.

  • Jenis komet berdasarkan frekuensi kemunculannya 

Ada dua jenis komet menurut frekuensi kemunculannya, yakni komet periodik serta non-periodik.

Komet periodik berkali-kali muncul dalam suatu periode. Sedangkan kemunculan komet non-periodik tidak lebih dari satu kali.

Baca juga: Komet: Pengertian, Ciri-ciri, Jenis, dan Namanya

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com