Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efisiensi Ekonomi: Pengertian, Jenis, dan Manfaatnya

Kompas.com - 17/03/2024, 11:00 WIB
Fadila Rosyada Hariri,
Serafica Gischa

Tim Redaksi

Sumber Penpoin

KOMPAS.com - Perekonomian modern didasarkan pada konsep efisiensi, yang memainkan peran sentral dalam pengelolaan sumber daya yang terbatas untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia.

Dalam upaya untuk memahami dinamika ekonomi yang kompleks, penting untuk memahami secara mendalam tentang efisiensi ekonomi, termasuk definisi, jenis, serta manfaatnya bagi masyarakat dan perekonomian secara keseluruhan.

Baca juga: Perbedaan Efektif dan Efisiensi beserta Contohnya

Pengertian efisiensi ekonomi

Menurut Nicholas Gregory Mankiw dalam bukunya berjudul Principles of Economics (2020), efisiensi ekonomi adalah situasi di mana sumber daya yang terbatas dialokasikan untuk memaksimalkan kepuasan atau kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Konsep ini menekankan pada penggunaan sumber daya secara efektif tanpa pemborosan. Dengan kata lain, efisiensi ekonomi berkaitan dengan alokasi yang efisien dari sumber daya untuk memenuhi berbagai kebutuhan dan keinginan individu dan masyarakat.

Dalam upaya mengoptimalkan penggunaan sumber daya, perusahaan harus beroperasi pada tingkat efisiensi tertinggi. Mereka perlu mengurangi limbah dan meningkatkan efisiensi dengan menerapkan teknologi dan teknik produksi terbaik yang tersedia.

Baca juga: Ekosistem Digital, Solusi Tepat untuk Efisiensi Bisnis

Kesejahteraan perekonomian mencapai puncaknya saat manfaat tambahan yang diperoleh oleh konsumen dari setiap unit tambahan produk sama dengan biaya tambahan yang ditanggung produsen untuk memproduksinya.

Singkatnya, kondisi ini tercapai ketika pasar berada dalam keseimbangan dalam konteks persaingan sempurna.

Jenis efisiensi ekonomi

Dilansir dari Penpoin, efisiensi ekonomi terbagi menjadi dua jenis, yaitu efisiensi alokatif dan efisiensi produktif. Berikut merupakan penjelasannya:

  • Efisiensi alokatif

Jenis efisiensi ini berkaitan dengan alokasi sumber daya yang optimal di antara berbagai kebutuhan dan keinginan. Ini mencakup penggunaan sumber daya untuk memproduksi kombinasi barang dan jasa yang paling diinginkan oleh masyarakat.

  • Efisiensi produktif

Efisiensi produksi mencerminkan kemampuan untuk menghasilkan output maksimum dari input yang tersedia atau menggunakan jumlah input minimum untuk menghasilkan output tertentu. Hal ini terkait dengan penggunaan sumber daya yang efisien dalam proses produksi.

Baca juga: Meningkatnya Efektivitas dan Efisiensi Kegiatan Manusia Akibat dari Globalisasi

Manfaat efisiensi ekonomi

Efisiensi ekonomi memberikan sejumlah manfaat yang signifikan bagi masyarakat dan perekonomian secara keseluruhan:

  • Peningkatan kesejahteraan

Dengan efisiensi ekonomi, masyarakat dapat menikmati lebih banyak barang dan jasa yang dihasilkan dengan biaya yang lebih rendah, meningkatkan kualitas hidup mereka.

  • Pertumbuhan ekonomi

Efisiensi ekonomi mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dengan memberikan insentif bagi investasi, inovasi, dan pengembangan teknologi baru.

  • Pemerataan kesejahteraan

Efisiensi ekonomi dapat membantu mengurangi kesenjangan sosial dan ekonomi dengan memastikan distribusi yang lebih merata dari keuntungan ekonomi.

 

Artikel ini dibuat dengan bantuan artificial intelligence (AI). Dimohon untuk bijak memanfaatkan informasi. Jika Anda menemukan ada kesalahan informasi atau kesalahan konteks, silakan memberi tahu kami ke redaksikcm@kompas.com

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com