Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Unsur-unsur Utama dalam Seni Tari

Kompas.com - 15/03/2024, 10:00 WIB
Vanya Karunia Mulia Putri

Penulis

KOMPAS.com - Seni tari adalah kesenian yang memadukan gerak dan olah tubuh, untuk mengekspresikan perasaan penarinya.

Setidaknya ada beberapa unsur utama dalam seni tari. Unsur-unsur tari tersebut harus diperhatikan dan dilakukan, agar tercipta tarian yang indah.

Apa saja unsur utama dalam seni tari?

Unsur-unsur tari

Sejumlah penari membawakan tarian Mandau saat penutupan Palangka Raya Fair di halaman GOR Serbaguna Kota Palangka Raya, Senin (31/7/2023). Tari Mandau merupakan tarian khas suku Dayak yang dikenal sebagai tarian perang yang menunjukkan semangat perjuangan masyarakat Dayak dalam membela harga diri dan kehormatan. MC Kota Palangka Raya/Saudi Sejumlah penari membawakan tarian Mandau saat penutupan Palangka Raya Fair di halaman GOR Serbaguna Kota Palangka Raya, Senin (31/7/2023). Tari Mandau merupakan tarian khas suku Dayak yang dikenal sebagai tarian perang yang menunjukkan semangat perjuangan masyarakat Dayak dalam membela harga diri dan kehormatan.

Dikutip dari buku Seni Pertunjukan bagi Anak Usia Dini (2023), unsur utama dalam tari adalah unsur-unsur tari yang menjadi elemen terpenting dan tidak bisa ditinggalkan.

Selain unsur utama, ada pula yang namanya unsur penunjang, yaitu unsur-unsur tari yang berfungsi sebagai penunjang atau pendukung.

Baca juga: Unsur-Unsur Tari

Menurut Arina Restian dalam buku Koreografi Seni Tari Berkarakter Islami (2019), unsur utama dalam seni tari ada tiga, yakni:

  • Wiraga (raga) 

Unsur utama dalam tari adalah gerakan. Dalam bahasa Jawa, gerakan disebut juga raga atau wiraga.

Gerakan tubuh yang dinamis, ritmis, dan indah, harus ditonjolkan dalam seni tari. Ada dua jenis gerakan dalam seni tari, yakni gerak murni dan maknawi.

Gerak murni adalah gerakan yang tidak memiliki tujuan tertentu. Sementara gerak maknawi adalah gerakan yang mempunyai makna mendalam.

  • Wirama (irama) 

Unsur utama dalam seni tari yang berikutnya ialah irama.

Baca juga: 3 Unsur Utama dalam Tari dan Penjelasannya

Walau gerakannya indah, tanpa irama, tarian tersebut tidak bisa dinikmati. Karena itulah, irama juga menjadi salah unsur utama dalam seni tari.

Perpaduan musik atau irama akan menciptakan keharmonisan dan keindahan dalam pertunjukan seni tari.

Irama ini bisa berupa rekaman musik, atau suara dari instrumen musik, seperti gamelan Jawa, seruling, hentakan kaki, dan tepuk tangan penarinya.

  • Wirasa (rasa) 

Unsur utama dalam seni tari adalah wirasa atau perasaan.

Bagaimana penari menghayati atau menyampaikan pesannya kepada penonton, diperlihatkan lewat ekspresi atau mimik wajah, juga gerakan tubuh sang penari.

Ekspresi wajah inilah yang mencerminkan perasaan penari sewaktu membawakan tariannya.

Baca juga: Tari Berpasangan: Pengertian dan Contohnya

Unsur-unsur tari di atas, yakni wiraga, wirama, dan wirasa menjadi tiga unsur utama dalam seni tari yang tidak boleh dilewatkan.

Perpaduan ketiga unsur utama tersebut akan menciptakan tarian yang indah, harmonis, dan berkesan bagi penontonnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com